DISEMINASI DAN SOSIALISASI SPM BIDANG PERMUKIMAN PADANG, SUMATERA BARAT

Pada tanggal 15 – 16 Februari 2012 dilaksanakan Diseminasi dan Sosialisasi Standar Pedoman Manual Bidang Permukiman di Padang, Sumatera Barat berkenaan dengan Undang-undang No. 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (UUBG), Peraturan Pemerintah No. 36/2005 tentang Peraturan Pelaksanaan UUBG dan Permen PU nO. 25/2007 tentang Pedoman Sertifikasi Laik Fungsi Banguan Gedung.

Secara umum kegiatan ini bertujuan agar para pemangku kepentingan (stakeholder) memiliki pengetahuan dan kesediaan untuk menerapkan SNI yang berhubungan dengan keandalan bangunan gedung dalam rangka memperoleh sertifikat laik fungsi. Selain itu juga agar para pemangku kepentingan memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai sistem pencegahan dan penanggulangan terhadap bahaya kebakaran baik dalam tahap perencanaan, perancangan, pelaksanaan/konstruksi maupun dalam tahap pemanfaatan atau pengoperasian bangunan gedung.

Acara didahului dengan laporan penyelengaraan oleh Bapak Ir. Agus Sarwono, kemudian sambutan Ir. Suprapto, M.Si sebagai Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya provinsi Sumatera Barat kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka acara ini yaitu Ibu Kepala Pusat Litbang Permukiman DR. Ir. Anita Firmanti, MT.

Cakupan bahasan dalam kegiatan ini berupa:

  • Pemaparan Pengantar Sejarah Kejadian Gempa di Padang Sumatera Barat oleh Ir. Suprapto, M.Si.
  • Pemaparan Keandalan Bangunan Terhadap Bahaya Kebakaran oleh Prof. DR. Ir. Suprapto, MSc., FPE.
  • Pemaparan Keselamatan Bangunan Dari Segi Struktur oleh Ir. Wahyu Wuryanti, M.Sc.
  • Pemaparan Gambaran untuk Pelaksanaan SLF oleh Lasino ST, APU.
  • Pemaparan Pedoman Pelaksanaan SLF dan Teknik Penilaian dengan Sistem Skoring oleh Fefen, MT

 

No comments.

Leave a Reply

*