Kolokium dan Launching Teknologi Hasil Litbang Bidang Permukiman 2012

Bandung – Pada hari Selasa, tanggal 15 Mei 2012, Pusat Litbang Permukiman menyelenggarakan Kolokium dan Launching Teknologi Hasil Litbang Bidang Permukiman 2012 dalam rangka menyebarluaskan hasil litbang kepada para pemangku kepentingan penyelenggara infrastruktur PU dan Permukiman. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatnya apresiasi dan keberterimaan para pemangku kepentingan terhadap hasil litbang bidang permukiman.

Kolokium pada tahun ini mengambil tema “Meningkatkan Kemanfaatan Hasil Litbang Permukiman Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Program Pro Rakyat”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali peran Puskim sebagai lembaga litbang di bawah Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum untuk menghasilkan produk litbang yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dan mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas infrastruktur permukiman. Dari enam program pro rakyat yang sudah dirumuskan (Klaster IV), Puslitbang Permukiman dapat berperan mendukung pelaksanaan Program Rumah Sangat Murah, Program Air Bersih untuk Rakyat, Program Peningkatan Kehidupan Nelayan dan Program Peningkatan Kehidupan Masyarakat Pinggir Perkotaan, dalam bentuk hasil-hasil litbang terkait teknologi murah, bahan bangunan, pengolahan air minum, sanitasi dan penataan lingkungan.

Acara diawali dengan laporan penyelenggaran yang disampaikan oleh DR. Ir. Anita Firmanti, MT selaku Kepala Pusat Litbang Permukiman, kemudian sambutan kunci oleh Ir. Pangihutan Marpaung selaku Deputi Bidang Perumahan Formal mewakili Menteri Perumahan Rakyat. Selanjutnya sambutan pengarahan dan pembukaan oleh Ir. Budi Yuwono, Dipl. SE., selaku Dirjen Cipta Karya mewakili Menteri Pekerjaan Umum dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dan serah terima naskah perjanjian kerjasama.

Adapun lingkup kegiatan dari acara Kolokium ini meliputi:

  •  Presentasi Hasil Litbang yang terdiri dari 7 lingkup bahasan, yaitu:
  1. Pengolahan Air Minum
  2. Pengolahan Sampah dan Pengolahan Air Limbah
  3. Sistem Penyediaan Rumah dan Penataan Kawasan
  4. Teknologi Bahan Bangunan Berbasis Limbah dan Kearifan Lokal
  5. Sistem Struktur Bangunan Tradisional
  6. Pengkajian Kenyamanan Termal dan Gerak
  7. Sistem Struktur dan Konstruksi Bangunan
    • Launching Teknologi Hasil Litbang Bidang Permukiman
    • Open House yang meliputi:
    1. Pameran Produk Kreatif Hasil Litbang
    2. Pelayanan Informasi Hasil Litbang

Hasil-hasil litbang yang di launching pada kolokium kali ini antara lain Biorotasi, Biotour, Meralis, Merotek yang merupakan hasil dari penelitian Elis Hastuti, ST, MSc, dan IPA Mobile yang merupakan hasil dari penelitian Dadang Sobana, ST, serta Tungku Sanira hasil dari penelitian Edi Supendi, BE.

Biorotasi adalah rangkaian unit pengolahan air limbah rumah tangga (non kakus) yang terdiri dari sistem biofilter dan taman sanita dengan resirkulasi, yang menghasilkan air olahan yang dapat digunakan kembali untuk kebutuhan umum gedung. Biotour adalah rangkaian teknologi pengolahan air limbah rumah tangga untuk menghasilkan kualitas air daur ulang yang dapat digunakan kebutuhan umum rumah tangga. Meralis adalah reaktor kompak yang terdiri dari rangkaian unit pengolahan air limbah dengan menggunakan sistem lumpur aktif dan filtrasi membran ultrafiltrasi – airlift system  untuk menghasilkan air yang dapat didaur ulang untuk kebutuhan umum gedung. Merotek adalah reaktor kompak yang terdiri rangkaian unit pengolahan air dengan sistem membran ultrafiltrasi – airlift system dan membran RO tekanan rendah, untuk menghasilkan air siap minum. IPA sistem mobile adalah saran untuk mengolah air baku menjadi air siap minum dengan sistem mobile.

Kolokium Puslitbang Permukiman dihadiri oleh ±350 peserta, terdiri dari:

  • Akademisi dan asosiasi profesi di bidang tata ruang, tata bangunan, air minum dan penyehatan lingkungan permukiman.
  • Praktisi penyelenggara infrastruktur permukiman yang meliputi Instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat.

No comments.

Leave a Reply

*