Diseminasi teknologi penerapan rumah contoh produk litbang puskim di Serang, Banten

//
Comment0

Pada tanggal 16-18 September 2015 dilaksanakan diseminasi teknologi penerapan rumah contoh produk litbang puskim di Serang, Banten yang bertemakan “Dukungan Teknologi Guna Percepatan Pembangunan Perumahan Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)”

_DSC3460

Sambutan Kepala Pusat Litbang Perukim dan Pembukaan Secara Resmi

Acara diawalai dengan acara pembukaan, dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, laporan Ketua Panitia Penyelenggara dan sambutan dari Pemerintah Provinsi Banten yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Permukiman Provinsi Banten (Ir. Tyas Utami Amalia, MM) serta sambutan dari Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (Prof.DR.Ir. Arief Sabarudin, CES) yang mewakili Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat – Republik Indonesia, sekaligus membuka acara resmi penyelenggaraan diseminasi teknologi.

_DSC3454

Laporan Ketua Penyelenggara

_DSC3456

Sambutan Kepala Dinas SDAP

 

Cakupan bahasan dalam kegiatan ini berupa:

• Pemaparan Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Kebutuhan Rumah Murah oleh Ir. Pangihutan Marpaung.
• Pemaparan Pengembangan Teknologi Tepat Guna Rumah Instan Sehat Sederhana (RISHA) oleh Nana Pudja Sukmana, ST, MM.
• Pemaparan Teknologi Mix Disain Beton oleh Lasino, ST, APU.
• Praktek Produksi Panel Beton Precast Struktur Risha oleh Nana Pudja Sukmana, ST, MM. Dan Lasino, ST, APU.
• Praktek Aplikasi Panel Beton Precast Struktur Risha pada rumah contoh oleh Nana Pudja Sukmana, ST, MM. Dan Lasino, ST, APU.

Pelaksanaan Materi Praktek di Lapangan, sebelum melakukan praktek produksi pembuatan panel beton sistem risha pada pagi harinya mengikuti acara ground breaking di salah satu lokasi pembangunan rumah contoh lokasi Kelurahan Sukawana. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil dari Pemerintah Provinsi Banten antara lain Ketua TP – PKK Provinsi Banten (Ibu Gubernur) dan Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Permukiman – Provinsi Banten (Ir. H.M. Husni Hasan, CES), sedangkan perwakilan dari Pemerintah Pusat adalah Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman (diwakili oleh Ir. Agus Sarwono, MM).

_DSC3510

Sambutan Kepala Dinas SDAP

_DSC3511

Sambutan Kepala Pusat Litbang Perukim

_DSC3518

Sambutan Ketua TP. PKK Prov. Banten

_DSC3537

Penyerahan Maket Struktur Risha

 

Materi praktek lapangan tentang cara-cara membuat komponen struktur panel beton sistem risha dilakukan di Kawasan Pusat Perkantoran Pemerintah Banten (KP3B).

Dalam materi praktek ini peserta diberi pembekalan bagaimana cara meng-opersi-kan alat-alat cetak komponen risha antara lain cara: peletakan alat, pencetakan komponen dan pembukaan hasil cetakan serta pemeliharaan komponen panel beton setelah di cetak. Berikut adalah foto-foto praktek produksi komponen panel beton sistem risha.

Disamping itu peserta diberikan pula pengetahuan tentang cara pemilihan bahan baku untuk beton dan cara pengujian sederhana bahan baku di lapangan.

Materi praktek lapangan peserta diseminasi selanjutnya adalah melakukan kunjungan ke rumah contoh yang pada saat itu sedang dalam proses pelaksanaan pembangunan. Lokasi kunjungan cara-cara pemasangan komponen struktur panel beton sistem risha di Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), sambil dijelaskan oleh Instruktur/Nara Sumber bagaimana cara teknis penyambungan, kesikuan, dan lain-lain yang berkaitan dengan struktur bangunan menggunakan panel beton risha. Beberapa peserta aktif dan antusias terhadap teknologi ini, terbukti beberapa pertanyaan dan dialog lapangan yang disampaikan oleh para peserta.

Leave a Reply