Aplikasi Teknologi Risha untuk Lingkungan TNI AD

//
Comment0

Teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat atau lebih dikenal dengan Teknologi RISHA yang dikembangkan mulai tahun 2004 telah banyak diaplikasi oleh berbagai kalangan. Dengan perkembangan tersebut semakin banyak juga perorangan dan institusi yang tertarik. Salah satunya adalah kesatuan TNI Angkatan Darat. Pengenalan RISHA di lingkungan TNI AD ini telah dimulai dengan presentasi Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman di Mabes TNI AD, pelatihan kepada Perwira dan Tamtama TNI AD baik di Kampus Puskim Cileunyi maupun sosialisasi di beberapa Kodam.

Untuk lebih mengenal teknologi RISHA terutama untuk para perwira tinggi dan menengah, Koordinator Staf Ahli Kasad mengadakan FGD dengan judul “Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi Teknologi Konstruksi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) Guna Membekali keterampilan Prajurit dalam rangka Meningkatka Kesejahteraan Prajurit TNI. Acara FGD dilaksanakan di Aula Jenderal Besar A.H. Nasution Mabes TNI AD Jakarta Pusat pada tanggal 23 Nopember 2017.  Acara dibuka oleh Kasahli Kasad Mayjen TNI Felix Hutabarat dan dihadiri oleh Aslog Kasad Mayjen Irwan, beberapa perwira tinggi dan menengah dari berbagai kesatuan dan Kodam.

trAcara menghadirkan 3 narasumber yaitu Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman – Arief Sabaruddin, Aplikator Risha – Fredy Haryo dan Kepala Badan Pengelola Tabungan Wajib Perumahan (BPTWP TNI AD).

Dalam paparannya Kapuslitbang Perumahan dan Permukiman memaparkan konsepsi Teknologi RISHA dan beberapa contoh penerapannya di lapangan dan dilanjutkan oleh Fredy Haryo yang menceritakan pengalaman di lapangan dalam penerapan teknologi RISHA. Sedangkan Kepala BPTWP TNI AD memaparkan mengenai skema pembiayaan perumahan untuk prajurit TNI AD. Acara dilanjutjan dengan tanya jawab dengan peserta. Pada intinya para peserta tertarik untuk bisa mengenal dan menerapkan lebih jauh teknologi RISHA untuk perumahan prajurit TNI AD khususnya. (Kuswara)

Leave a Reply