AUDIT SERTIFIKASI SISTEM MANAJEMEN MUTU SNI ISO 9001:2008 BALAI LITBANG PERUMAHAN WILAYAH I MEDAN

//
Comment0

Dalam rangka peningkatan dan pemeliharaan sistem manajemen mutu di Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan, pada hari Senin hingga Rabu tanggal 5 – 7 Desember 20016 Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan menyelenggarakan kegiatan Audit Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2008, pada tahap Audit Survellance 2 dilaksanakan oleh Auditor PT. Mutuagung Lestari Jl. Raya Bogor Km. 33,5 No.19 Cimanggis – Depok.

Kegiatan Audit Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2008 dihadiri oleh seluruh auditee (pihak yang diaudit), diawali dengan  opening meeting yang dibuka oleh Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan Agus Sarwono, dan didampingi oleh Lead Auditor ISO 9001:2008 PT. Mutuagung Lestari Sigit H. Prabowo, selanjutnya pengenalan secara garis besar tata cara audit surveillance 2 terkait dengan pelaksanaan audit, baik rencana, mekanisme, maupun aturan sertifikasi.

Audit dilakukan dengan metode wawancara, pengamatan data, verifikasi lapangan, dan metode lainnya yang diperlukan auditor untuk menilai kesesuaian. Audit akan mendasarkan pada sistem uji petik (sampling) sehingga memungkinkan adanya kesesuaian dan ketidak sesuaian yang tidak teramati pada saat audit. Demi kelancaran proses audit, ditugaskan Tani Frisda sebagai pendamping auditor yang mendampingi auditor selama proses audit.

Tujuan audit dilakukan pada tahap audit surveillance, adalah untuk meninjau konsistensi penerapan sistem manajemen mutu yang diterapkan organisasi terhadap kriteria audit, memeriksa efektifitas tindakan perbaikan atas hasil audit sebelumnya, memeriksa kesesuaian penggunaan logo sertifikasi dan meninjau peluang-peluang untuk peningkatan sistem manajemen organisasi yang diaudit.

Acara diakhiri dengan persiapan closing meeting berupa saran dari auditor yaitu masukan dari auditor yang bukan merupakan ketidaksesuaian tetapi penting disampaikan kepada auditee sebagai masukan untuk peningkatan efektifitas implementasi sistem atau potensi ketidaksesuaian dimasa mendatang serta tidak wajib ditindaklanjuti tetapi wajib memberikan respon terhadap saran yang diberikan dan akan diverifikasi oleh auditor pada saat audit selanjutnya dan closing meeting yang dihadiri oleh seluruh auditee.

Leave a Reply