Basic Design Rencana Pembangunan Rest Area di Kawasan Puncak Kabupaten Bogor

//
Comment0

Dalam rangka penataan Kawasan Puncak di Kabupaten Bogor, direncanakan akan dibangun tempat peristirahatan (rest area) yang difungsikan sebagai destinasi wisata sekaligus sebagai salah satu  tempat relokasi pedagang kaki lima yang selama ini berjualan di sepanjang jalur jalan nasional di Puncak Berkaitan dengan hal tersebut, Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman – Balitbang Kementerian PUPR diminta untuk merancang basic disain rencana pembangunan rest area ini.

Penyusunan basic design ini dilaksanakan oleh tim Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan yang dipimpin langsung oleh Arief Sabaruddin sebagai Kepala Puslitbang perumahan dan Permukiman. Prinsip yang diusung dalam penyusunan basic design ini adalah prinsip rancangan ekologis berbasis nilai-nilai budaya lokal yang menjadikan  kawasan   rest area yang juga berfungsi sebagai rekreatif sekaligus menggerakan ekonomi mikro masyarakat. Salah satu keunggulan Kawasan Puncak adalah bentang alam dengan kondisi ekologis lingkungan yang masih asri sehingga menjadi daya tarik masyarakat perkotaan. Potensi tersebut menjadi dasar pertimbangan dalam kegiatan penataan lingkungan binaan untuk selalu berpegang pada paradigm ekosentris. Keseimbangan dan keserasian antara lingkungan alam dengan lingkungan terbangun menjadi fokus dalam penataan ini.

Pada tanggal 27 Februari 2018 bertempat di ruang rapat Bupati Kabupaten Bogor di Cibinong, dipaparkan basic design hasil rancangan di atas. Paparan disampaikan oleh Kuswara selaku Kepala Balai Tata Bangunan dan Lingkungan Puslitbang Perumahan dan Permukiman.Basic Design Rencana Pembangunan Rest Area di Kawasan Puncak Kabupaten Bogorr

Dalam paparan ini dihadiri oleh beberapa Kepala Dinas dan Badan serta Asisten Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor.  Dari Kementerian PUPR diwakili oleh Tim dari Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VI Ditjen Bina Marga dan Tim Puslitbang Perumahan dan Permukiman. Pada prinsipnya peserta yang hadir memberikan apresiasi terhadap basic design yang disampaikan. Dalam diskusi saat paparan ini, peserta yang hadir memberikan masukan untuk pendetailan konsep disain yang disampaikan. Masukan-masukan yang disampaikan akan menjadi pertimbangan dalam penyusunan Detail Engineering Design (DED) yang akan segera disusun. (Kuswara, 2018)

Beberapa link berita terkait pemaparan basic design  ini seperti di bawah ini:

http://mediaindonesia.com/news/read/147525/wajah-baru-area-pkl-dengan-desain-elok/2018-03-02

https://megapolitan.antaranews.com/berita/37497/kemen-pupr-presentasikan-anjungan-cerdas-pkl-puncak-bogor

Leave a Reply