Bedah Buku Bapakku Indonesia

//
Comment0

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman ikut serta dalam kegiatan Bedah Buku Bapakku Indonesia yang diselenggarakan oleh perpustakaan Kementerian PUPR pada tanggal 16 April 2018, mengundang penulis Buku Maman Suherman. Kang Maman yang dikenal pada acara Indonesia Lawak Club sebagai notulen handal yang selalu melontarkan kata-kata bijak, pada kesempatan ini ia memperkenalkan buku autobiografi yang baru saja diluncurkan.

Buku ini disampaikan dalam narasi ringan, menceritakan masa kecil Maman yang dibesarkan diantara dua budaya berbeda, Maman notabene dilahirkan dari hasil perkawinan antar suku Sunda dan Makassar. Dalam buku ini pembaca diajak ikut berkelana dalam seluk beluk kehidupan Maman, cara pandang dan penjalanan spiritualnya terutama dalam melihat ke-Indonesiaan.

Pembawa acara dipandu oleh Cak Lontong dengan moderator Yayat Supriatna seorang pengamat perkotaan, acara ini dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Beliau mengajak generasi muda PUPR untuk melek literasi dan bertanggungjawab dalam menggunakan media sosial. Dialog berlangsung hangat dan meriah dengan diselingi penampil musik, Beliau juga berkesempatan menyanyikan sebuah lagu.

Inti dari pembahasan tersebut diantaranya (1) Era digital, melihat dengan tangan mendengar dengan mata, banyak interaksi media sosial tanpa nilai tidak berkomunikasi dengan hati. (2) Media sosial untuk generasi milenial bukanlah satu-satunya sumber informasi, berita harus ada referensinya, validasi dan pembanding. Banyak sumber literer yang tidak ada di dunia maya. Buku agar jadi sumber informasi dan membangun karakter budaya baca. (3) Dalam melihat konten informasi harus memperhatikan ketepatan, bukan kecepatan. Berita harus bertanggungjawab, selalu kroscek dan ada penutup sebagai verifikasi. (4) Hiperrealitas membuat masyarakat berpacu dengan kecepatan dan realitas palsu, yang dituntut adalah kecerdasan dan kematangan. (5) Gunakanlah teknologi dengan bijak, baik dan benar, selalu uptodate setiap saat. (6) Buku fisik maupun online akan sangat berguna apabila dibaca. (Ado/Putri Maharani)

Leave a Reply