BIMTEK TUKANG

//
Comment0

Bertempat di kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Provinsi Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (P3B), Kota Serang dilakukan bimbingan teknis dalam rangka advis teknis dan kerjasama antara Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Provinsi Banten untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan khususnya bagi para tukang agar mengetahui adanya teknologi membangun rumah sederhana, sehat dan instan.

DSC_0179

Kadis sedang menyampaikan sambutannya sekaligus membuka bimtek

Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal, 18 Juli sampai dengan 20 Juli 2018, yang dibuka oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Provinsi Banten H. Moh. Yanuar. beliau berharap bahwa para tukang yang akan dibimbing nantinya akan menjadi ujung tombak program peningkatan kwalitas RTLH di wilyah Serang, Banten dengan menggunakan teknologi pembangunan rumah dengan konstruksi sistem Risha. Karena konstruksi sistem Risha ini sudah dikenal sangat efisien serta tahan gempa (mengingat wilayah Banten termasuk daerah rawan bencana gempa khususnya wilayah Banten Selatan).  Hasil dari kegiatan ini para  tukang akan  dicobakan pengaplikasiannya di kota Serang untuk menunjang program peningkatan kwalitas rumah tidak layak huni (RTLH) yang ada di Provinsi Banten khususnya wilayah Kota Serang.

DSC_0191

Peserta sedang latihan pembesian

Dalam kesempatan tersebut peserta yang mengikuti  terdiri dari, tukang bangunan dan calon aplikator RISHA, Dinas PUPR, dan Dinas Perkim, adapun sebagai narasumber dari Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Edinur dengan materi; Pengenalan teknologi hasil litbang bidang Perumahan dan Permukiman; Pengenalan RISHA, Teori komponen RISHA dan perhitungan anggaran biaya. dilanjutkan dengan praktek pembesian, pengecoran dan perakitan yang dibimbing oleh instruktur dari aplikator RISHA Cikeruh Sumedang Freddy H. Partiansah dan Agus Hermawan.

DSC_0317

Peserta melakukan perakitan panel RISHA 

Leave a Reply