Diseminasi Dan Sosialisasi Penerapan SNI Bidang Bahan, Struktur Dan Konstruksi Bangunan Dalam Perancangan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung

//
Comment0

Pada tanggal 30 November s/d 1 Desember 2016 telah dilaksanakan Diseminasi dan Sosialisasi Penerapan SNI Bidang Bahan, Struktur dan Konstruksi Bangunan Dalam Perancangan Struktur Baja Untuk Bangunagan Gedung oleh Bidang Standardisasi dan Kerjasama Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman dengan peserta yang hadir sebanyak 78 orang terdiri dari para dosen Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kota Medan, Dinas Penataan Ruang dan Permukiman Provinsi Sumatera Utara, Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan Kota Medan, Balitbang Pemerintah Kota Medan, Satuan Kerja Non Vertikal Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Utara dan Asosiasi Profesi terkait yang pelaksanaannya Sekretariat Sub. Bidang Diseminasi dan Kerjasama dibantu oleh Balai Litbang Perumahan Wilayah 1 Medan, bertempat di Grand Swiss-Bel Hotel Jl. Letjend. S. Parman No. 217 Medan.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi beberapa tahun terakhir. Bencana alam yang di akibatkan oleh gempa bumi makin sering terjadi dan menelan korban jiwa serta kerusakan bangunan. Seperti yang kita ketahui bahwa Kementerian PUPR menaruh perhatian lebih terhadap kegiatan mitigasi bencana sesuai tugas pokok utama PUPR yaitu melakukan mitigasi pra bencana.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan menyiapkan serta meningkatkan fdrdkemampuan peserta dalam memahami penerapan SNI Bidang Bahan, Struktur dan Konstruksi pada Perencanaan Struktur Gedung Baja Tahan Gempa.

Acara dimulai dengan laporan penyelenggaraan oleh Kepala Sub. Bidang Diseminasi dan Kerjasama Sunarjito. kemudian sambutan selamat datang oleh Ketua Departemen Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara Johanes Tarigan dilanjutkan kata sambutan dan pembukaan oleh Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman yang diwakili oleh Kepala Balai Perumahan Wilayah I Medan, Agus Sarwono. Paparan materi disampaikan oleh narasumber dari Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Ferri Eka Putra, Universitas Tri Sakti Jakarta Suradjin Sutjipto, dan Universitas Katholik Parahyangan Bandung Djoni Simanta.

SNI tentang Perencanaan Struktur Gedung Tahan Gempa telah disusun oleh Kementerian PUPR dan secara formal telah dipublikasikan secara resmi oleh Badan Standar Nasional, yang pada acara ini disosialisasikan antara lain SNI 1726:2012 Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktu Bangunan Gedung dan Non Gedung, SNI 1729:2013 Beban Minimum untuk Perencanaan Bangunan Gedung dan Struktur Lain, dan SNI 1729:2014 Spesifikasi untuk Bangunan Gedung Baja Struktural.

 

Leave a Reply