DISEMINASI DAN SOSIALISASI SPM BIDANG PERMUKIMAN DI ACEH

//
Comment0

Pada tanggal 23-24 Februari Maret 2012 di Aceh Darussalam dilaksanakan Diseminasi dan Sosialisasi Standar Pedoman Manual Perencanaan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung Revisi SNI 03-1726-2002 yang bertemakan “Melalui Penerapan SPM Kita Tingkatkan Kualitas Pembangunan Infrastruktur”.

Secara umum kegiatan ini bertujuan agar para pemangku kepentingan (stakeholder) memiliki pengetahuan dan kesediaan untuk menerapkan SNI yang berhubungan dengan perencanaan gempa untuk struktur bangunan gedung dan non gedung. Selain itu juga agar para pemangku kepentingan memiliki pengetahuan dan kesediaan untuk menerapkan Standar Pedoman dan Manual Bangunan Tahan Gempa dalam aktivitas mereka.

Acara didahului dengan laporan penyelengaraan oleh Ibu Dra. Yulinda Rosa, MSi, kemudian sambutan dari Universitas Syiah Kuala, Dr. Ir. Mochammad Afifudin, M.Eng dilanjutkan sambutan dari Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Provinsi Aceh, Ir. Eddy Mofizal, M.Eng.Sc. Selanjutnya Ir. Sutadji Yuwasdiki mewakili Kepala Pusat Litbang Permukiman memberikan sambutan sekaligus membuka acara Diseminasi dan Sosialisasi tersebut.

Cakupan bahasan dalam kegiatan ini berupa:

  • Pemaparan Pengantar Sejarah Kejadian Gempa di Banda Aceh oleh Ir. Eddy Mofizal, M.Eng.Sc.
  • Pemaparan Pertimbangan Faktor “Site Condition” dalam Perencanaan Kegempaan di Aceh oleh Prof Munirwansyah.
  • Pemaparan Peta Zonasi Gempa oleh Prof. Dr. Masyhur Irsyam.
  • Pemaparan Sub Structure oleh Ir. Bigman M. Hutapea M.Sc., Ph.D.
  • Pemaparan Upper Structure oleh Prof. Ir. Bambang Budiono, M.E., Ph.D.
  • Pemaparan Pendahuluan dan Prosedur Tata cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Gedung Berdasarkan SNI 03-1726-20XX oleh Ir. Steffie Tumilar., M.Eng, MBA., IP-U.
  • Pemaparan Gempa dan Kita 1 serta Kerusakan Jembatan Akibat Gempa oleh DR. Ir. Drajat Hoedjanto, M.Eng, IP-U

 

Leave a Reply