Diskusi Teknik, Bahan Bangunan Jadi Untuk Perumahan

//
Comment0

Balai Bahan dan Struktur Bangunan mengadakan Diskusi Teknik terkait Bahan Bangunan Jadi Untuk Perumahan. Diskusi ini diadakan pada hari Rabu tanggal 23 November 2016 bertempat di Kantor Utama Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Cileunyi Kabupaten Bandung.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota tim pelaksana kegiatan dari Balai Litbang Teknologi Permukiman Denpasar, Makassar, dan Medan. Selain itu, turut serta hadir B4T (Balai Besar Bahan dan Barang Teknik) Kementerian Perindustrian.

Tema Bahan Bangunan Jadi untuk Perumahan diangkat menjadi topik utama DSC_0007dalam diskusi teknik ini karena kebutuhan akan bahan bangunan setiap tahunnya selalu meningkat, baik dari mulai pembangunan hingga pemeliharaan bangunan. Kondisi ini mengakibatkan harga bahan bangunan cenderung meningkat, sehingga harga rumah semakin mahal, karena biaya bahan bangunan menempati alokasi 70% dari keseluruhan harga bangunan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi biaya bahan bangunan yaitu menggunakan bahan bangunan lokal.

Di dalam industri bahan bangunan khususnya untuk perumahan, terdapat bahan bangunan yang nilainya bergantung pada lokasi dimana bahan tersebut berada. Bahan bangunan ini yang disebut bahan bangunan lokal. Salah satu jenis bahan baku lokal yang biasa digunakan adalah bahan bangunan yang terbuat dari bahan baku sekitar seperti bata merah, genteng, conblock, paving block, dan sebagainya.

Diskusi Teknik ini diharapkan dapat memperoleh masukan terkait penyempurnaan draft Sistem Informasi Potensi Bahan Bangunan Lokal untuk Perumahan.

 

Leave a Reply