Diskusi Teknik Pemetaan Karakteristik Sistem Sanitasi Permukiman Tepi Danau Di Sumatera

//
Comment0

Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan pada tanggal 27 Oktober 2016 melaksanakan Diskusi Teknik Kegiatan Pemetaan Karakteristik Sistem Sanitasi Permukiman Tepi Danau di Sumatera yang bertempat di Saulina Resort, Jl. Aek Rangat, Kelurahan Siogung-ogung, Pangururan, Kabupaten Samosir. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang terjadi, yaitu akses sanitasi layak yang memerlukan upaya serius dan lebih terarah. Diharapkan dengan adanya Peta karakteristik lokal permukiman dan sistem sanitasi kawasan permukiman tepi danau yang sesuai dengan perkembangan, dapat menjadi bahan rekomendasi untuk penerapan teknologi yang tepat.

Kegiatan diskusi teknis ini bertujuan untuk menjaring masukan dan saran serta validasi teknologi. Kegiatan ini di dukung oleh narasumber yang berasal dari  Universitas Sumatera Utara. Perlu diketahui bahwa Universitas Sumut saat ini tengah melakukan kegiatan pemetaan karakteristik sistem sanitasi yang sesuai dengan topik kegiatan diskusi teknik ini.

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Samosir Bidang Kemasyarakatan, Purnawan Malau didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Ombang Siboro dan Kepala Balai Perumahan Wilayah I Medan, Agus Sarwono.

Pembahasan di dalam diskusi teknik kali ini terkait Kegiatan Diskusi Teknik Pemetaan Karakteristik  Sistem Sanitasi Permukiman Tepi Danau Di SumateraPemetaan Karakteristik Permukiman Tepi Danau di Sumatera TA. 2016 oleh Anikmah Ridho Pasaribu, Kebijakan STBM Sebagai Strategi Percepatan Target Universal Acces Sanitasi di Kabupaten Samosir oleh Managam Togatorop (Kadis Kesehatan Kabupaten Samosir), Kondisi Sanitasi dan Air Bersih di Kabupaten Samosir oleh Dedis Kartono Sagala. (Kasi. Penyehatan Lingkungan Dinas Tarukim Pertamanan dan Kebersihan Kabupaten Samosir), Peran Serta Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir Dalam Pembinaan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kabupaten Samosir oleh Jabiat Sagala. (Kepala BLH Kabupaten Samosir), dan Keberlanjutan Dalam Pengelolaan Kawasan Permukiman dan Sanitasi Berbasis Budaya Lokal oleh Farid Aulia (Dosen Universitas Sumatera Utara). (Agus Sarwono/Maharani Eka Putri)

Leave a Reply