Diskusi Teknis Inkubasi Teknologi : Pengukuran Tingkat Kesiapan Teknologi Produk Litbang Menuju Proses Inkubasi Teknologi

//
Comment0

Diskusi Teknis Inkubasi Teknologi dilaksanakan pada hari Kamis – Jumat tanggal 22 – 23 Desember 2016 di Grha Wiksa Praniti, Bandung. Pelaksanaan diskusi teknis ini dilakukan dalam rangka mengukur Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) produk – produk litbang dari Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman setelah sebelumnya dilakukan untuk produk litbang tersebut pada t=6 (periode bulan ke-6). Periode bulan ke 11 dilakukan tidak hanya mengukur produk tersebut, tetapi lebih lanjut dilakukan untuk mengetahui secara lebih komprehensif penerapan pengukuran tingkat kesiapan teknologi termasuk peluang dan tantangannya.

Diskusi Teknis ini dibuka oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Andreas Wibowo mewakili Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kegiatan ini dihadiri oleh para peneliti maupun perekayasa Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Balitbang Kementerian PUPR, Pusat Kebijakan dan Penerapan Teknologi Kementerian PUPR, Lembaga Inovasi/Inkubasi BPPT dan LIPI, Badan Penelitian Pemerintah Provinsi Jawa Barat, hingga Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemerintah Kota.

Pada hari pertama, para narasumber memberikan paparan terkait materi yangDSC_0051 telah dipersiapkan diantaranya Kesiapan Asesmen TRL dalam rangka Permen Ristek 2016, Identifikasi dan Analisa pasar bagi peneliti litbang Terapan dalam rangka kesiapan Inkubasi Bisnis dan Teknologi. Dilanjutkan dengan diskusi terkait Filosofi Dasar Pengukuran Tingkat Kesiapan Teknologi Spesifik dan Studi lanjut tentang Identifikasi Indikator Spesifik pengukuran Tingkat Kesiapan Teknologi sesuai bidang.

Pada hari kedua, kegiatan terdiri dari presentasi kelompok yang terbagi ke dalam 4 kelas sesuai spesifikasi teknologi Litbang. Setelah presentasi dan diskusi dilanjutkan dengan presentasi rangkuman hasil pengukuran oleh Tim Assessor dari Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman.

Diharapkan kegiatan ini dapat mengetahui informasi penting terkait identifikasi pasar produk litbang dalam rangka inkubasi bisnis teknologi.

Leave a Reply