Diskusi Teknis Inkubasi Teknologi : Pengukuran Tingkat Kesiapan Teknologi Produk Litbang

//
Comment0

Diskusi Teknis Inkubasi Litbang yang diadakan pada hari kamis hingga jumat tanggal 29 – 30 september 2016 di Grha Wiksa Praniti Bandung, dilatarbelakangi oleh kondisi hasil litbang saat ini di Indonesia. Dilihat secara keseluruhan, banyak dari hasil litbang yang kurang implementatif, kurang bisa digunakan oleh masyarakat untuk jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengembangan Unit Inkubasi hasil Litbang Permukiman diharapkan hasil litbang dapat teraplikasi dan memberikan manfaat lebih bagi masyarakat.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Arief Sabaruddin didampingi Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Andreas Wibowo. Hadir pula perwakilan Balitbang Kementerian PUPR, PKPT, Lembaga Inkubasi/Inovasi BPPT dan LIPI, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemerintah Kota, serta para peneliti dan perekayasa Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman.

Hari pertama pelaksanaan diskusi teknis terkait presentasi Tingkat Kesiapan Teknologi yang disampaikan oleh beberapa narasumber, diantaranya Direktur Pusat Audit Teknologi BPPT Arwanto, Pakar TRL dan Manajemen Teknologi Asep Husni Yasin Rosadi, dan Peneliti Madya BPPT serta Pakar Kebijakan Industri dan TRL Dedi Suhendri.

Di hari kedua, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok Tim Bahasan disertai dengan moderator dan narasumber terkait topik yang dibahas.

Di akhir kegiatan, narasumber maupun tim assessor Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman mempresentasikan rangkuman dan hasil pengukuran.

Diskusi Teknis Inkubasi Teknologi.jpg

 

Leave a Reply