FGD Penataan Kawasan Cigugur Tengah Cimahi

//
Comment0

Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman mengadakan Forum Group Discussion dengan agenda Penyampaian Rencana Penataan di Lokasi Prioritas RW 08. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 7 Desember 2017 di Kantor Kelurahan Cigugur Tengah Kota Cimahi. Sambutan disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Achmad Nuryana. Kegiatan dibuka oleh Koordinator Tim Kegiatan Penerapan Model Kemitraan Dalam Penataan Kawasan Kumuh Yuri Hermawan.

Para peserta yang hadir diantaranya Dinas – Dinas Pemerintah Kota Cimahi, badan masyarakat setempat, dan perwakilan RT/RW. Pelaksanaan FGD ini merupakan bagian dari penyampaian progres Kegiatan Penelitian dan Penerapan Teknologi Puskim untuk Penataan Kawasan Cigugur Tengah Kota Cimahi.

Tim melakukan presentasi tentang rencana penataan yang mulai mengerucut menjadi RW08 di Cigugur Tengah. Lokasi prioritas ini dipilih karena RW 08 dilalui Sungai Ciputri yang sering meluap dan menyebabkan banjir. Kondisi kerapatan pun sangat tinggi. Tim mengusulkan untuk dilakukan pelebaran sungai, penataan sepanjang sungai, dan pembangunan rumah deret atau susun.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu tersusunnya Dokumen Perencanaan Penanganan Kawasan Kumuh Berbasis Kemitraan di Kelurahan Cigugur Tengah Kota Cimahi pada lokasi prioritas sesuai SK Walikota Cimahi nomor 653/Kep68.PU/2015 dan Rancangan DED untuk dijadikan dasar pembangunan fisik dengan menerapkan teknologi bidang Keciptakaryaan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman pada lokasi prioritas perencanaan.(Kunthi HD/Putri Maharani)

Leave a Reply