FGD : Perencanaan Penyediaan Air Bersih & Drainase Di Pulau Kecil

//
Comment0

Balai Litbang Tata bangunan dan Lingkungan kembali melaksanakan FGD (Focus Group Discussion) dengan tema perencanaan penyediaan air bersih dan drainase di pulau kecil. . acara ini diadakan pada hari kamis tanggal 10 November 2016 di Grha Wiksa Praniti. FGD ini dihadiri peneliti pusat Litbang pemungkiman dan dibuka oleh kepala Balai Tata Bangunan dan Lingkungan Arvi Argyanto.

Indonesia memiliki 8 jenis geomorfologi pulau-pulau kecil. Geomorfologi ini mempengaruhi penyimpanan air baku di pulau kecil yang akan dimanfaatkan menjadi air bersih dan air minum. Untuk memanfaatkan sumber daya air pulau kecil tersebut, maka dibuat konsep drainase berwawasan lingkungan selain menjadi sumber mata air alternative drainase ini juga untuk menghidari banjir dan rob. Untuk mendukung pengembangan pulau-pulau kecil di Indonesia, maka Pusat Litbang perumahan dan pemungkiman telah menyusun usulan perencanaan penyediaan air bersih dan pengelolaan drainase berwawasan lingkungan di pulau-pulau kecil.

Diharapkan dengan dilakukan FGD ini akan mendapatkan masukan dari para ahli dan praktisi-praktisi yang  terpilih dalam perencanaan konsep penyediaan infrastruktur pemungkiman yang ideal di kawasan pulau kecil

Leave a Reply