FGD : Perencanaan Perumahan & Aksesibilitas Lokal Di Pulau Kecil

//
Comment0

FGD (Focus Group Discussion) kembali dilaksanakan oleh Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan dengan tema Perencanaan Perumahan dan Aksesibilitas Lokal di Pulau – Pulau Kecil. FGD ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 8 November 2016 di Grha Wiksa Praniti. Kepala Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan, Arvi Argyantoro membuka acara FGD yang dihadiri oleh Peneliti Pusat Litbang Permukiman, Bappeda Kota Serang dan Kabupaten Kepulauan Seribu, serta Para Praktisi.

Diketahui bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada wilayah pertemuan tiga lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan lempeng Pasific. Oleh karena itu, pulau – pulau kecil di Indonesia rentan terhadap bencana gempa bumi, tsunami, dan gunung berapi.  Ketika bencana terjadi, kemudahan aksesibilitas ke pusat kegiatan menjadi sangat penting. Aksesibilitas lokal antar kampung di dalam maupun antar pulau kecil adalah sama pentingnya.

Untuk mendukung pengembangan pulau – pulau kecil, maka Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman telah menyusun usulan tahapan perencanaan penyediaan perumahan dan aksesibilitas lokal di pulau – pulau kecil.

Diharapkan dengan dilaksanakan FGD ini akan terkumpulnya masukan para ahli dan praktisi terhadap konsep perencanaan penyediaan infrastruktur permukiman yang ideal di kawasan pulau kecil.

Leave a Reply