In-House Seminar: Inovasi Teknologi dan Manajemen Permukiman

//
Comment1

Zaman terus berkembang, dan begitu pula tantangannya. Dan untuk menjawab berbagai tantangan, diperlukannya inovasi. Inovasi yang dilandasi dengan pemikiran yang visioner mengarah ke masa depan dapat menjadi solusi berbagai permasalahan yang akan dihadapi di masa mendatang. Terutama dalam bidang permukiman, yang mengharuskan terus berkembang dan maju menjawab berbagai tantangan zaman.

Maka dari itu, pada tanggal 15 Desember 2016, Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman mengadakan In-House Seminar: Inovasi Teknologi dan Manajemen Permukiman. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Arief Sabaruddin di Grha Wiksa Praniti. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan terbagi dalam lima kelas. Masing-masing kelas membahas tentang berbagai tantangan yang akan dihadapi oleh teknologi dan manajemen permukiman di masa mendatang. Lima kelas tersebut disebut dengan KBK (Kelompok Bidang Keahlian), yang diisi oleh para ahli dan praktisi dalam bidang permukiman.

KBK Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (AMPLP) membahas mengenai terobosan atau inovasi yang bisa dilakukan dalam sanitasi dan pengolahan limbah. Adapun KBK Struktur Konstruksi Bangunan (SKB) membahas tentang membahas persoalan fondasi, faktor waste pada konstruksi bangunan gedung dengan sistem Pracetak, dan hal-hal lain terkait terobosan yang bisa dilakukan dalam bidang konstruksi. KBK Lingkungan Binaan membahas tentang masalah perumahan beserta solusi yang bisa diterapkan di Indonesia. Sementara KBK Sains Bangunan membahas tentang membangun gedung yang eco-friendly. Dan KBK Bahan Bangunan membahas tentang pemanfaatan barang alternatif yang lebih murah dan dapat mengurangi limbah, seperti limbah serbuk gergaji untuk bata ringan, residu pasir pasang sebagai material bangunan dan lain-lain.

Dengan upaya ini, Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman menginginkan agar terobosan dalam bidang riset perumahan dan permukiman bisa dapat diterapkan di tahun depan. Sekaligus menjadi inspirasi bagi para ahli dan praktisi yang hadir untuk terus berinovasi di masa mendatang.

1 Response

Leave a Reply