Jurnal Permukiman Terakreditasi Nasional Kemenristekdikti

//
Comment0

Jurnal permukiman adalah majalah berkala yang memuat karya tulis ilmiah di bidang permukiman meliputi kawasan perkotaan/ pedesaan, bangunan gedung yang berada di dalamnya, serta sarana dan prasarana yang mendukung perikehidupan dan penghidupan. Diterbitkan oleh Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman yang berlokasi di Cileunyi-Bandung. Pada tanggal 17 Juli 2018 Jurnal Permukiman resmi mendapatkan setifikat akreditasi jurnal nasional dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi(Kemenristekdikti) dengan raihan peringkat 2 (S2), setelah sebelumnya terakreditasi LIPI sebanyak lima kali semenjak tahun 2006. Penyerahan sertifikat ini diberikan pada acara sosialisasi peraturan baru Akreditasi Jurnal Ilmiah tahun 2018 oleh Kementerian Ristekdikti di gedung Sasana Widya auditorium utama LIPI. Sebelumya,proses pengajuan akreditasi berada di dua lembaga yaitu Kemenristekdikti untuk jurnal ilmiah yang  diterbitkan oleh asosiasi profesi serta perguruan tinggi, dan LIPI untuk jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh lembaga litbang.Sehingga terjadi dualisme seperti yang dikatakan oleh Wakil Kepala LIPI Bambang Subiyanto pada acara tersebut bahwa “Selama ini jurnal yang diakreditasi oleh LIPI tidak diakui oleh Ristekdikti, sedangkan yang dikareditasi oleh Ristekdikti diakui oleh LIPI”. Dengan diberlakukannya peraturan baru Permenristekdikti No. 9 tahun 2018 dikotomi akreditasi jurnal nasional usai sudah.

Dalam aturan baru peringkat akreditasi dibagi menjadi 6: Peringkat 1 nilai minimal 85 sampai 100; Peringkat 2 nilai minimal 70; Peringkat 3 nilai minimal 60; Peringkat 4 nilai minimal 50; Peringkat 5 nilai minimal 40; dan Peringkat 6 dengan nilai minimal 30. Menurut Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati, peringkat tersebut dibuat untuk memberikan pilihan bagi lembaga pembina karir jabatan fungsional untuk memilih peringkat akreditasi jurnal ilmiah yang sesuai untuk syarat pengajuan kenaikan jenjang jabatan fungsional. Ketentuan persyaratan akan diatur kemudian oleh masing-masing lembaga pembina jabatan fungsionalnya.

Pemeringkatan saat ini dapat dilihat pada laman portal (http://sinta2.ristekdikti.go.id/), Sience and Technology Index atau Sinta. Sinta adalah sistem elektronik yang digunakan untuk mengukur publikasi jurnal, buku, dan kekayaan intelektual, serta networking dosen dan peneliti. Saat ini Sinta telah mendaftar 110.000 peneliti dan diakses oleh lebih dari 160 juta kali. Diharapkan kedepannya Sinta dapat mendongkrak publikasi Indonesia di dunia riset internasional.

Sejak mengikuti proses akreditasi, Jurnal Permukiman telah menerbitkan lebih dari 2000 halaman artikel ilmiah, yang terdapat dalam 197 artikel dan 12 volume terbitan. Pada bulan Februari 2018 jurnal permukiman versi cetak terpilih dalam program akuisisi ASEAN oleh  Library of Congress di Jakarta. Terbitan-terbitan ini selanjutnya akan disimpan sebagai koleksi di Library of Congress, Washington D.C., Amerika Serikat untuk menambah khazanah informasi tentang Indonesia. Library of Congress secara de facto adalah perpustakaan nasional Amerika Serikat dan pusat riset Kongres Amerika Serikat. Perpustakaan ini menempati 3 buah gedung di Washington, D.C. merupakan perpustakaan terbesar di dunia dari segi luas rak buku dan total koleksi buku. Katalog perpustakaan ini mendaftar lebih dari 32 juta judul bahan pustaka yang ditulis dalam 470 bahasa. (ado-ros)

Leave a Reply