Koordinasi Program Perumusan SNI dan Pedoman 2017

//
Comment0

Koordinasi Program Perumusan SNI dan Pedoman 2017 Bidang Standardisasi dan Kerjasama Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 22 November 2016 bertempat di Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan. Koordinasi ini dihadiri oleh para Jafung dan calon Jafung Peneliti dan Perekayasa Balai Litbang Perumahan Wilayah 1 Medan yang pelaksanaannya oleh Sekretariat Sub. Bidang Standarisasi.

Kegiatan Koordinasi Program Perumusan SNI dan Pedoman 2017 diawali dengan  pembukaan oleh Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah 1 Medan yang didampingi oleh Kepala Sub. Bidang Standarisasi Ibu Sri Darwati, selanjutnya pengenalan secara garis besar tata cara penyusunan serta tahapan perumusan SNI dan Pedoman sampai mendapat nomor SNI dari BSN.

Setelah pengenalan proses penyusunan standar dan pedoman dilanjutkan dengan paparan Pemahaman Pedoman Standar Nasional oleh tim Sub. Bidang Standarisasi, yang mana dalam perumusan SNI dapat dilakukan dengan Adopsi Standar Internasional secara Identik (IDT) atau Modifikasi sesuai iklim di Indonesia (MOD) dan dalam paparan tersebut dijelaskan juga tata cara penulisan SNI antara lain: format penulisan SNI harus sesuai dengan PSN 08 (Pedoman Standar Nasional), menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tegas dan jelas agar mudah dipahami semua pihak yang akan menggunakan standar.   Juga dijelaskan dasar hukum yang terkait standarisasi, pengertian NSPM dan Standarisasi, tujuan dan manfaat standarisasi. Acara diakhiri dengan diskusi serta kesimpulan. (Marlina Hutagalung/Maharani Eka Putri)

Leave a Reply