Kuliah Lapangan Mahasiswa ITSB Terkait Bahan Bangunan

//
Comment1

Kuliah Lapangan ITSB Terkait Bahan Bangunan (1)Mahasiswa ITSB (Institut Teknologi dan Sains Bandung) Jurusan Arsitektur melakukan kuliah lapangan di Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kuliah lapangan dilaksanakan pada hari senin, 27 Juni 2016 membahas tentang pengenalan bahan bangunan. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu kuliah pengantar yang disampaikan oleh perwakilan Balai Bahan Bangunan dan studi visit produk Balai Bahan Bangunan di laboratorium. 

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Balai Bahan Bangunan, Ir. Agus Sarwono, MM. “Kami dengan senang hati berbagi ilmu kepada adik – adik semua, semoga kuliah lapangan ini berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Materi kuliah pengantar disampaikan oleh Dani Cahyadi, Peneliti Muda Balai Bahan Bangunan. Tema yang diangkat adalah Pengembangan Bahan Bangunan Lokal untuk Menunjang Pembangunan Perumahan. Dijelaskan bahwa saat ini Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman tengah fokus kepada proses penelitian pembuatan bahan bangunan dengan material limbah seperti limbah plastik, pertambangan, sisa reruntuhan, hasil industri, limbah alam (batu), dan limbah organik. Penggunaan limbah sebagai bahan bangunan bisa menjadi alternatif yang baik karena bernilai ekonomis, lebih murah dari bahan bangunan di pasaran, memenuhi syarat SNI (Standar Nasional Indonesia) dan aman digunakan. “Semakin banyak kandungan limbah yang dimanfaatkan, maka semakin bertambah angka hijau. Nilai green buildingnya akan semakin bagus,” tutur Dani Cahyadi.

Kuliah Lapangan ITSB Terkait Bahan Bangunan (2)“Bahan Bangunan sisa reruntuhan pun sudah diaplikasikan pasca gempa di Yogyakarta,” tambah Kepala Balai Bahan Bangunan. Usai materi disampaikan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Diakhir acara, para mahasiswa ITSB melakukan kunjungan ke Laboratorium Bahan Bangunan untuk memperoleh penjelasan produk – produk balai/laboratorium tersebut, diantaranya bambu laminasi, batu bata material limbah, hingga prototipe Rumah Bambu Laminasi dan RISHA (Rumah Instan Sehat Sederhana). 

Kuliah Lapangan ITSB Terkait Bahan Bangunan (3)

 

1 Response

Leave a Reply