Kunjungan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Tegal

//
Comment0

Penanganan kawasan kumuh perkotaan merupakan salah satu program kerja yang menjadi fokus baik level pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota. Upaya pencapaian target tersebut tentunya memerlukan kerja keras dan sinergi antar unit organisasi.  Terkait hal tersebut, pada tanggal 24 Januari 2018 rombongan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Tegal melakukan kunjungan ke Kampus Puslitbang Perumahan dan Permukiman di Cileunyi Kabupaten Bandung. Rombongan dipimpin langsung oleh Sugeng Suwaryo selaku Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Tegal dan diterima langsung  oleh Kepala Puslitbang Perumahan dan Pkunjungan tegalermukiman, Arief Sabaruddin yang didampingi oleh Kepala Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan, Kasi Penyelenggara Teknis dan Kasi Layanan Balai Litbang TBL serta peneliti terkait.

Dalam pertemuan ini dipaparkan mengenai rencana penataan kawasan kumuh Tegalsari Kota Tegal yang akan dilaksanakan oleh Pemkot Tegal dengan dukungan Kementerian PUPR. Sementara dari Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan dipaparkan konsep penataan kawasan kumuh melalui penyediaan hunian sub komunal yang menggunakan teknologi hasil litbang bidang permukiman.

Dalam diskusi ini dibahas mengenai kebutuhan dukungan Pemkot Tegal dalam penataan kawasan Tegalsari terutama untuk menyediakan hunian bagi sekitar 11 kepala keluarga yang akan direlokasi di kawasan tersebut pada tahun 2018 ini. Secara prinsip Puslitbang Perumahan dan Permukiman untuk saat ini bisa memberikan dukungan disain hunian sub komunal maupun pendampingan teknis untuk penerapan teknologi. Untuk pembiayaan konstruksi di lapangan akan dilakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait seperti Direktorat Rumah Khusus,   Balai Besar Wilayah Sungai, serta Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman. (Kuswara)

Leave a Reply