Kunjungan Dinas Perumahan Rakyat Provinsi Jawa Tengah terkait Rumah Sehat dan Berwawasan Lingkungan

//
Comment0

Kegiatan Peningkatan Kualitas Menuju Rumah Sehat dan Berwawasan Lingkungan yang termasuk kedalam Renstra Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 hingga 2030, menjadi latar belakang dari kunjungan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ke Kantor Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman di Cileunyi Kabupaten Bandung. Kunjungan yang dilaksanakan pada tanggal 6 April 2018 ini dipimpin oleh Kepala Bidang Perumahan Ronto Dumadi.

Kunjungan diterima oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum Riana Suwardi mewakili Kepala Pusat Litbang. Para peneliti dari setiap balai pun turut hadir dalam kunjungan tersebut. Untuk memberikan gambaran umum dan referensi terbaru terkait rumah sehat dan berwawasan lingkungan, para peneliti Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman menyampaikan paparan diantaranya Pengembangan Prototipe Kawasan dan Hunian Rendah Energi oleh Kasi Penyelenggara Teknis Balai Sains Bangunan Tedi A.B dan Penerapan Teknologi Pengolahan Air dan Sanitasi oleh Kasi Layanan Balai AMPLP Reni Nuraeni.

Kepala Bidang Perumahan Ronto Dumadi menyampaikan keinginannya untuk dapat berkolaborasi lebih jauh untuk mengembangkan teknologi yang sesuai dengan kondisi di Jawa Tengah. Pemerintah daerah membutuhkan teknologi yang dapat diaplikasikan dengan pemberdayaan masyarakat sekitar seperti RISHA. Hal itu untuk menjawab tantangan supaya masyarakat ikut serta bertanggungjawab dan mengelola terhadap aset yang telah diberikan. (Putri Maharani)

Leave a Reply