Kunjungan Kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah

//
Comment0

Anggota Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karanganyar melakukan kunjungan kerja ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 November 2018 di Kantor Puskim Cileunyi Bandung. Kunjungan diterima oleh Kasubbag Umum Rusli mewakili Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Turut hadir pula Kasi Penyelenggaraan teknis Balai Litbang Sains Bangunan Tedi Achmad Bahtiar serta peneliti.

Kunjungan Kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah

Kunjungan kerja ini dalam rangka studi banding terkait uji kehandalan gedung atau layak fungsi gedung bangunan dan uji laboratorium bahan bangunan atau pengendalian mutu. “Prinsipnya wajib seluruh bangunan gedung itu memiliki SLF tanpa kecuali, jadi baik itu fungsinya apapun termasuk rumah tinggal maupun rumah tinggal sederhana sebenarnya wajib memiliki SLF. Tetapi dibeberapa Peraturan Daerah memang kemudian menyesuaikan dengan kondisi sosial ekonomi budaya di daerah tersebut. Di Bandung itu wajib SLF itu untuk bangunan diatas 5 lantai, 5 lantai ke atas,  jadi bangunan dibawah situ tidak wajib. Jadi memang ada semacam penyesuaian dari PPnya (Peraturan Pemerintah) sendiri dengan Peraturan Daerahnya,” kata Tedi Achmad Bahtiar Kasi Penyelenggaraan teknis Balai Litbang Sains Bangunan dalam sambutannya.

Sebelum diskusi dimulai, anggota DPUPR diperkenalkan terkait profil Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Diskusi dibuka Kasubbag Umum. Para anggota DPUPR tertarik terkait dengan SLF. Setelah diskusi selesai, para anggota DPUPR mengunjungi Balai Litbang Bahan dan Struktur Bangunan. Kunjungan lapangan didampingi oleh Peneliti Balai Litbang Bahan dan Struktur Bangunan Azhar Pangarso. (Ofi/Putri)

Leave a Reply