Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Tulungagung

//
Comment0

Anggota DPRD Kabupaten Tulungagung Komisi D melakukan kunjungan kerja ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Kunjungan komisi yang membidangi pembangunan dan pariwisata ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 7 Agustus 2018 di Kantor Puskim Cileunyi Bandung. Kepala Bagian Keuangan dan Umum Riana Suwardi mewakili Kepala Pusat Litbang menerima kunjungan dari DPRD Tulungagung, didampingi oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kelitbangan Aris Prihandono dan para peneliti Balai Litbang bahan dan Struktur Bangunan.

Ketua Kunjungan Kerja Komisi D Suprapto menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan ini terkait pengujian material konstruksi. “Kami di Tulungagung sedang menyusun Peraturan Daerah yang berkaitan dengan penyelenggaraan uji materi bangunan,” ungkapnya. “Ada beberapa kewenangan dari pemerintah kabupaten yaitu menyelenggarakan pelatihan, menerbitkan ijin usaha, serta pengawasan dalam pelaksanaan usaha, penyelenggaraan dan pemanfaatan. Berdasarkan pengalaman di Tulungagung, sering kita temukan beberapa pelaksana pembangunan baik dari pemerintah maupun swasta tidak sesuai. Kita targetkan bangunan yang dibangun itu usianya 10 tahun, tapi kenyataannya 1 – 2 tahun mulai ada gejala untuk perawatan. Bagaimanapun juga ini akan mengganggu dan harus segera diluruskan,” tambahnya.FIXX

Komisi D dan Dinas PU Tulungagung ingin menginisiasi Perda tentang penyelenggaraan terkait pengujian yang meliputi berbagai aspek. Mulai dari bahan hingga aspek lainnya yang turut menentukan kualitas bangunan. Setelah berdiskusi terkait uji materi bangunan, rombongan mengunjungi Laboratorium Bahan dan Strktur Bangunan.

Diharapkan kedepannya antara Pemerintah Daerah Tulungagung dapat bekerjasama dengan pihak Pusat Litbang Perumahan dan permukiman. (Putri Maharani)

Leave a Reply