Kunjungan Kerja Kepala Balitbang Di Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan

//
Comment0

Kepala Balitbang Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga melakukan kunjungan kerja di Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan pada hari Selasa tanggal 22 November 2016. Beliau didampingi oleh Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Arief Sabaruddin dan Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan Agus Sarwono.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Ketua Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman dilanjutkan dengan perkenalan staff Balai serta paparan singkat terkait profil Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan oleh Kepala Balai Agus Sarwono.

Selanjutnya Kepala Badan Litbang Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga memberikan arahan kepada Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan tentang pentingnya potensi nilai – nilai lokal. “Tugas yang harus dilakukan saat penelitian adalah menghasilkan teknologi perumahan dan permukiman yang mengandung nilai – nilai lokal. Penelitian kita harus mencari potensi dan nilai – nilai lokal yang cocok untuk rumah di Pulau Sumatera dan Kalimantan”.

“Nilai lokal yang harus dikembangkan tentu saja berdasarkan kelokalitasan di alam dan ketersediaan bahan. Potensi lokal adalah nilai – nilai lokal yang ada di suatu daerah. Contohnya masyarakat di Gunung Sinabung yang saat ini banyak berada di pengungsian. Karena pada dasarnya mereka hidup dari bertani meskipun saat ini mereka tidak ada rumah atau tempat tinggal tapi mereka lebih membutuhkan lahan pertanian,” tambah Kepala Badan Litbang Danis H. Sumadilaga.IMG_9034

Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan pun diingatkan terkait dengan penelitian yang harus berbasis masyarakat. Hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan tidak hanya sebagai database, melainkan dapat menjadi data informasi sebagai dasar tindakan. Keterbatasan Sumber Daya dalam suatu penelitian bisa diantisipasi dengan meningkatkan kerjasama dengan pihak – pihak terkait, sehingga penelitian dapat berjalan dengan baik.

Kunjungan kerja ini berakhir dengan peninjauan ke seluruh ruang kantor Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan, termasuk Gerai Informasi Teknologi dan Standar, Hasil Litbang Balai, Taman Atap dan Struktur Jembatan Kayu Laminasi hingga Mess Balai yang menggunakan aplikasi Teknologi Brikon. (Marlina Irene/ Putri Maharani)

Leave a Reply