Kunjungan Komisi III DPRD Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi NTT Ke Balai Litbang Perumahan Wilayah II Denpasar

//
Comment0

Komisi III DPRD yang didampingi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan kunjungan ke Balai Litbang Perumahan Wilayah II Denpasar pada hari Kamis, 8 Desember 2016. Rombongan dipimpin oleh Ketua Komisi III DPRD Kabupaten TTS dan Kepala Bidang Tata Ruang dan Permukiman Dinas PU Kabupaten TTS. Pada kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah II Denpasar Kuswara yang didampingi oleh Kasi Penyelenggaraan Teknis Rudi Setiadji dan beberapa peneliti terkait yang ada di balai.

Dalam kunjungan ini dipaparkan secara umum profil Puslitbang Perumahan dan Permukiman p11serta beberapa kegiatan dan produk litbang yang sudah dihasilkan oleh Balai Litbang Perumahan Wilayah II Denpasar seperti pelepah gewang laminasi, bambu laminasi, ruspin dan kajian mengenai aristektur tradisional di NTT.  Dalam diskusi yang dilakukan terungkap bahwa Pihak DPRD dan Dinas PU Kabupaten TTS tertarik untuk mengembangkan teknologi yang sudah dihasilkan terutama terkait pemanfaatan bahan bangunan lokal seperti pelepah gewang  dan bambu laminasi karena potensi gewang dan bambu yang cukup banyak, selain itu terdapat potensi batu alam yang sudah mulai dimanfaatkan untuk bahan bangunan.

Untuk aspek pengembangan arsitektur tradisional, Ketua Komisi III DPRD dan Kabid Tata Ruang dan Permukiman menyampaikan permintaan untuk dilakukan pengkajian desa tradisional/adat yang ada di Kabupaten TTS yaitu Desa Boti, Tetaf (kampong Benteng None), dan Desa Fatunausus karena mempunyai keunikan yang sangat khas dan berpotensi untuk pengembangan pariwisata. Terkait permintaan tersebut, Kepala Balai menyatakan bahwa untuk tahun anggaran 2017 sudah  direncanakan akan melaksanakan kegiatan litbang yang berlokasi di Provinsi NTB dan NTT, untuk direncanakan akan dilakukan inventarisir terlebih dahulu terhadap karakteristik desa-desa tersebut sebagai dasar untuk penyusunan rencana tindak lanjutnya.

Terakhir diharapkan dengan adanya kunjungan kerja ini dapat terjalin kerjasama antara Pemerintah Kabupaten TTS khususnya Dinas PU Kabupaten TTS  dengan Balai Litbang Perumahan Wilayah II Denpasar khususnya dan umumnya dengan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman serta dapat diperluas untuk lingkup Badan Litbang PUPR. (Kuswara)

 

Leave a Reply