LAUNCHING N PANEL

//
Comment0

Dalam menjawab tantangan perkembangan lingkungan strategis terkait dengan persaingan global, penguasaan dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi indikator penting dalam meningkatkan daya saing nasional. Hal ini termasuk bidang rekayasa infrastruktur yang secara internasional berhadapan dengan perkembangan teknologi yang cepat, sehingga akan sulit bagi kita untuk dapat bersaing bila kita tidak menguasai dan terus menerus melakukan inovasi. Oleh karena itu, dalam konfigurasi kelembagaan Kementerian Pekerjaan Umum, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) PU diposisikan sebagai the Techno-structure atau Scientific Backbone dalam memberikan masukan pada perumusan kebijakan dan teknologi untuk penyelenggaraan infrastruktur pekerjaan umum dan permukiman. Dengan posisi demikian, para peneliti dan perekayasa Balitbang PU terus dimotivasi untuk dapat berperan sebagai trendsetter, motivator, dinamisator dan prime–mover dalam bidang infrastruktur pekerjaan umum dan permukiman.

Salah satu inovasi yang dikembangkan peneliti untuk rekayasa sistem struktur dan konstruksi bangunan bertingkat adalah n-panel system yang telah di-launching pada tanggal 2 Desember 2010 yang lalu di Gedung Pendopo Kementerian Pekerjaan Umum, Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dalam rangkaian acaranya, launching n-panel system ini juga diselenggarakan Serasehan Manajemen Bencana dengan tema Kesiapan (IPTEK) PSDPU dalam Penanggulangan Bencana yang menampilkan para pakar dari ITB, tim pengarah BNPB, dan Puslitbang Permukiman, dengan moderator DR. Imam Prasojo (sosiolog dan pemerhati bencana alam). Seluruh rangkaian acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum yang setiap tahun diselenggarakan untuk menghormati jasa para pejuang karyawan kementerian pekerjaan umum di masa perjuangan. Kesempatan ini dirasakan sebagai momen yang baik untuk menyampaikan hasil karya para peneliti dan perekayasa Badan Litbang PU dalam memajukan infrastruktur pekerjaan umum dan permukiman.

Sejumlah 150 undangan hadir dalam acara ini, meliputi instansi pemerintah, akademisi, asosiasi profesi, swasta dan perorangan. Acara ini dibuka dengan laporan Kepala Balitbang PU, Ir. Mohamad Hasan, Dipl.HE. dilanjutkan dengan expose profile n-panel, lalu Menteri Pekerjaan Umum, Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. HE. memberikan sambutannya sekaligus me-launching produk n-panel system ini, terakhir pemaparan keunggulan-keunggulan n-panel system dalam talk-show oleh Nana Pudja Sukmana, ST sebagai inventor teknologi ini dengan didampingi oleh nara sumber yaitu Prof. Ir. Iswandi Imran, PhD dari ITB dan Ir. Guratno dari Ditjen Cipta Karya Kementerian PU.

Sistem struktur pracetak ini dikembangkan untuk kemudahan dalam pelaksanaan konstruksi bangunan bertingkat dengan kehandalan yang telah teruji secara laboratorium dan lapangan. Panel berbentuk “n” ini merupakan dinding geser beton bertulang pracetak daktail yang memiliki bukaan (coupled wall) untuk mengakomodasi kebutuhan rancangan komponen aristektur bangunan gedung dan telah diujicobakan dalam skala penuh untuk Bangunan Asrama Balai Sungai, Pusat Litbang Sumber Daya Air di Solo. Keunggulan sistem yang disampaikan dalam tayangan dan talk-show oleh inventor teknologi ini dengan didampingi oleh nara sumber yaitu antara lain harga konstruksi pracetak n-panel system dibanding konstruksi konvensional mengindikasikan penghematan biaya sebesar 5%, penerapan sistem pracetak dengan luas bangunan yang relatif kecil, tidak memperlihatkan adanya nilai efisiensi biaya yang signifikan, dan selama masa pelaksanaan konstruksi, tidak ditemui adanya tingkat kesulitan pengerjaan yang berarti.

Diharapkan teknologi terbarukan ini dapat dimanfaatkan dalam pembangunan rumah susun, apartemen dan bangunan umum bertingkat lainnya dan diharapakan acara launching ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi wahana diseminasi yang efektif sekaligus media komunikasi antara peneliti dan stakeholders infrastruktur pekerjaan umum dan permukiman.

Leave a Reply