Advis Teknis

 

Kinerja prasarana dan sarana permukiman ditentukan oleh kualitas fisik bangunan, baik bangunan gedung maupun lingkungan permukiman. Proses perencanaan yang baik dan konstruksi yang benar, berpengaruh pada kinerja dan masa pakainya. Disamping faktor pemanfaatan dan pemeliharaan, kriteria dasar dalam penentuan kualitas bangunan prasarana dan sarana permukiman adalah ketentuan atau syarat yang harus dipenuhi dalam perencanaan dan pembangunan seperti yang disyaratkan dalam Standar, Pedoman dan Manual (SPM).

Berdasarkan data kebutuhan teknologi permukiman yang dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan teknologi dan SPM bidang  permukiman telah melakukan advis teknik ke beberapa daerah dan telah menginventarisir masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh daerah terutama daerah rawan bencana (misalnya : Banjir, Gempa dan Kebakaran).

Advis Teknik merupakan pelayanan dalam membantu stakeholders dalam mengatasi masalah-masalah teknis pelaksanaan pekerjaan fisik bidang perumahan dan permukiman. Pelayanan advis teknis menghasilkan rekomendasi teknis untuk meningkatkan kualitas pekerjaan prasarana dan sarana bidang permukiman, termasuk penanggulangan bencana. Selama ini pelaksanaan advis teknik berdasarkan pada permasalahan sarana dan prasarana bidang perumahan dan permukiman  baik di pusat maupun daerah yang informasi & rekomendasinya diperoleh dari Kementerian Pekerjaan Umum (Badan Litbang & Hasil Konreg Kementerian PU) serta kebutuhan/permintaan dari pemerintah daerah setempat. Total layanan advis teknis pada tahun 2015 mencapai 50 kegiatan, baik yang berasal dari permintaan lembaga pemerintah maupun swasta.

 

Download (PDF, Unknown)

 

Pelaksanaan advis teknis pada Tahun 2015 berlangsung di 19 (sembilan belas) lokasi/ propinsi. Progres pelaksaan advis teknis dari tahun 2009 s.d 2015 terlihat pada gambar dibawah ini.

 grf

                          Gambar. Jumlah Lokasi Diseminasi dan Sosialisasi tahun 2009-2015

 

at1                       at3

 

 

                                        at2

 

 

 

Leave a Reply