Lebih Dekat Dengan RISHA

//
Comment0

“RISHA itu cantik, sederhana, dan punya daya tarik tersendiri untuk memikat banyak orang. Saya masih ingat,pertama kali berkenalan dengannya di Grha Wiksa Praniti, Bandung pada tanggal 7 mei 2015. Saat itu saya di kenalkan dengan RISHA oleh para peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman yang berada di bawah Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ujar Ofi Gumelar.

RISHA singkatan dari Rumah Instan Sederhana Sehat. Inilah inovasi pembangunan rumah sehat hasil kerja peneliti di Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. RISHA di harapkan bisa menjadi solusi penyediaan perumahan yang sehat dengan biaya terjangkau. Rumah RISHA dibangun dengan menyambungkan panel-panel beton menggunakan baut, tanpa perlu semen dan bata.

Asiknya, karena bisa di bongkar pasang, panel-panel RISHA bisa di gunakan kembali saat akan merenovasi atau malah pindah rumah. Konsep sambung menyambung panel ini begitu praktis, karena tiap panel beton bisa berfungsi pondasi, balok, kolom, sloop, dan kuda-kuda. 

RISHA kurang begitu popular di masyarakat. Tak banyak orang yang begitu mengenal akan konsep rumah instan system knock down. RISHA belum menarik minat pengembanguntuk mengaplikasikannya. Masyarakat seperti kita belum terbiasa dengan sistem pembangunan rumah secara bongkar pasang Masalah desain rumah RISHA. Meskipun cantik, ada beberapa kekurangan dari model rumah RISHA.  Untuk mengatasi hal tersebut, Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman terus melakukan inovasi. (dilansir dari Dinamika Riset edisi I tahun 2017/Ofi Gumelar).

Leave a Reply