Mahasiswa Institut Teknologi Bandung Mengunjungi Balai Litbang AMPLP

//
Comment0

Mahasiswa jurusan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan Institut Teknologi Bandung di Jatinangor mengadakan kunjungan Lapangan pada hari Jum’at tanggal 14 September 2018 di Kampus Cileunyi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman.

Kunjungan diterima oleh Kepala Balai Litbang AMPLP Fitrijani Anggraini. Di dalam sambutan awal beliau menyampaikan terkait profil Puskim. “Puslitbang Perumahan dan Permukiman lebih terhubung dengan Cipta Karya, terkait perumahan dan permukiman, infrastruktur serta sarana dan prasarana. Untuk penerapan skala kecil, bisa dijumpai di kampus (Puskim) ini berupa air limbah dan air minum. Selain itu ada pula IPA mobile serta teknologi air minum,”ungkapnya.Featured Images - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung Mengunjungi Balai Litbang AMPLP (2)

Tujuan dari penyelenggaraan kunjungan lapangan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para mahasiswa dalam bidang sanitasi dan air bersih.  Kegiatan kuliah lapangan ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama yaitu pemaparan umum profil Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman serta diskusi. Sesi kedua yaitu berkeliling melihat proses pengujian laboratorium Balai Litbang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman yang didampingi oleh peneliti Haryo Budi Guruminda.

Selain berkeliling, Haryo Budi Guruminda juga memaparkan terkait Teknologi Instalasi Pengolahan Air Limbah maupun Air Minum Puskim yang telah diterapkan diberbagai daerah diseluruh Indonesia. Adapun lingkungan kesehatan masyarakat diantaranya tentang sanitasi, sampah, air bersih dan air minum. Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi rumah contoh RISHA dan Pusat Daur Ulang Sampah (SADAR SAKANTOR). (ofi/putri)

Leave a Reply