Mengenal Pengelolaan Sampah Lebih Jauh

//
Comment0

Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Bogor melakukan kunjungan di Pusat Litbang Perumahan Permukiman pada hari Kamis tanggal 28 September 2017. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mempelajari lebih jauh terkait pengelolaan sampah yang tepat untuk Kota Bogor. Kunjungan diterima oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum Riana Suwardi didampingi oleh para peneliti sebagai narasumber yaitu  Lya Meilany Setyawati dan Tuti Kustiasih.

Kota Bogor sampai dengan tahun 2016 melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan telah membangun Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) 3R (Reduce, Reuse, Recycle) sebanyak 14 TPS yang tersebar di Kota Bogor. Pelaksanaan konsep Pengelolaan Sampah 3R Berbasis Masyarakat diaplikasikan untuk lokasi yang belum terlayani Angkutan Sampah, dilaksanakan oleh masyarakat sendiri. Hingga saat ini telah terbentuk 14  Kelompok Pengelola Sampah 3R yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Penetapan dari Kepala Wilayah setempat. Namun dalam pelaksanaan terdapat beberapa kendala diantaranya minat masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah rumah masih kurang. Diketahui bahwa sampah rumah tangga merupakan penyumbang sampah terbesar di TPS. DSC00185

Para peserta diberikan penjelasan terkait hasil litbang puskim terkait pengelolaan sampah, pemahaman kompetensi serta metode yang dapat memperbaiki permasalahan yang dihadapi saat ini dalam pengelolaan sampah di Kota Bogor. Kedepannya diharapkan dapat terjalin kerjasama antara Pusat Litbang Perumahan Permukiman dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor dalam upaya penanggulangan sampah di Kota Bogor.

Leave a Reply