Meningkatkan Wawasan Eco Building Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Negeri Malang

//
Comment0

Dalam rangka Study Excursie 2017 yang bertema “Meningkatkan Wawasan Eco Building Mahasiswa Teknik Sipil UM” Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang mengadakan kunjungan ke Laboratorium Bahan Bangunan Balai Litbang Perumahan Wilayah II Denpasar, Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman pada tanggal 24 Maret 2017. Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah II Denpasar, Kuswara beserta peneliti terkait.

Laboratorium Bahan Bangunan ini merupakan salah satu laboratorium di lingkungan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman  yang terletak di Jalan Raya  Angantaka, Kabupaten Badung Provinsi Bali dan dikelola oleh Balai Litbang Perumahan Wilayah II Denpasar. Kuliah lapangan yang diikuti oleh 80 mahasiswa baik dari program Strata 1 maupun program Diploma Teknik Sipil bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa terkait praktikum laboratorium khususnya untuk material organik.

Di dalam kunjungan ini, dipaparkan mengenai Profil Puslitbang iPerumahan dan Permukiman serta Profil Balai Litbang Wilayah II Denpasar dilanjutkan dengan paparan mengenai teknologi pembuatan Bambu Laminasi beserta beberapa produk contoh seperti Balok Bambu Laminasi, Furniture dari Bambu Laminasi serta kuda-kuda yang terbuat dari komposit antara Bambu Laminasi dengan Kayu Sengon. Setelah itu dilakukan pengenalan mengenai peralatan pengujian yang ada di Laboratorium Bahan Bangunan.

Selanjutnya kepada para mahasiswa juga diberikan praktek beberapa tahapan proses pembuatan balok kayu dari bambu laminasi yang meliputi tata cara pengeleman dan pengepresan. (Kuswara, Made Aryati)

Leave a Reply