MODEL BISNIS PRODUK LITBANG

//
Comment0

Dunia usaha dihadapkan dengan pasar yang sangat kompetitif dan cepat berubah, sehingga suatu unit usaha dituntut untuk berinovasi dan meluncurkan produk baru yang lebih baik, lebih cepat dan lebih memiliki arti dari para kompetitor. Pengembangan Produk Baru (New Product Development), baik barang atau jasa, difokuskan pada penyampaian barang dan jasa yang bermutu tinggi dan inovatif, sehingga menjadi kunci penting untuk mendapatkan keuntungan dan keberlanjutan suatu usaha. Dengan melakukan pendekatan pengembangan produk yang memadukan interaksi antara desain, teknologi dan bisnis akan   menciptakan produk baru yang sukses di pasaran.

 Penyelenggaraan workshop inovasi dan model bisnis produk litbang dilaksanakan Selasa (19/09/17), di kampus Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Cileunyi Wetan Kabupaten Bandung didahului dengan laporan penyelenggaraan oleh Kepala Balai Litbang Bahan dan Struktur Bangunan Sutadji Yuwasdiki dan dibuka oleh Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR Arief Sabaruddin. Kegiatan ini diikuti peserta  dari para peneliti dan perekayasa di lingkungan Badan Litbang, Kementerian PUPR, perwakilan Bagian, Bidang dan Balai yang terlibat dalam pemasaran produk litbang, anggota tim litbang, dengan mengundang pembicara dari Dosen Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya Jakarta Ade Febransyah.

 

DSC_0287Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk :

  • Mengidentifikasi peluang inovasi terbaik setelah memahami dengan jelas customers’ job to be done (JTBD);
  • Memformulasikan peluang-peluang nilai yang dapat ditawarkan dari barang atau jasa yang sedang dikembangkan;
  • Mengkonsepkan barang atau jasa yang sesuai yang dengan kebutuhan pembeli;
  • Membangun model bisnis yang dapat menentukan apakah suatu inisiasi inovasi layak dilakukan, dilihat dari sudut pandang ketertarikan pasar (desirability), kelayakan terhadap pasar (feasibility) dan kelangsungan usaha (viability).

 

Melalui kegiatan ini peserta dibekali dengan kemampuan mengambil keputusan yang diperlukan untuk menginisiasi dan mengelola proyek inovasi dan  diharapkan akan memiliki pengetahuan konseptual dan operasional serta kompetensi yang dilengkapi dengan perangkat dan metodologi untuk kesuksesan inovasi produk serta melalui pendekatan multi disiplin ilmu, dengan harapan peserta akan mampu mengidentifikasi peluang inovasi dan selanjutnya mengembangkan menjadi konsep produk (purwarupa produk baru secara visual atau fungsional).

 

DSC_0289

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply