Modul Rumah Sehat

//
Comment0

Judul : Modul Rumah Sehat
Disusun : Ir. Arief Sabaruddin, CES; Ir.Hartini, MT; dan Yuri Hermawan, ST, MT
Penerbit : Kementerian Pekerjaan Umum
No Modul : B.01
Tebal : 34 Halaman

Deskripsi:
Kesehatan merupakan salah satu aspek yang diperlukan untuk mendukung kegiatan kehidupan dan penghidupan manusia. Manusia yang sehat akan mampu menjalankan kegiatan kehidupannya lebih produktif, sehingga dapat melakukan kegiatan yang lebih baik dan lebih kreatif. Kesehatan meliputi kesehatan secara fisik (jasmani) dan kesehatan secara psikis (rohani). Keduanya tidak dapat dipisahkan dan akan selalu saling mempengaruhi, dalam arti didalam jasmani yang sehat terdapat rohani yang sehat, demikian sebaliknya dengan rohani yang sehat akan terwujud jasmani yang sehat.
Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia setelah sandang dan pangan, sehingga rumah dapat dijadikan sebagai indikator bagi pencapaian tingkat kesejahteraan masyarakat. Pepatah mengatakan bahwa dalam jasmani yang sehat terdapat rohani yang sehat,
maka dalam sebuah rumah yang sehat akan terbentuk pula keluarga yang sehat. Demikian halnya dengan lingkungan yang sehat maka akan terbentuk komunitas masyarakat yang sehat. Dengan demikian aspek kesehatan merupakan embrio dari kemapanan sebuah bangsa. Di Indonesia rumah yang dibangun secara informal (swadaya) lebih banyak dibandingkan yang dibangun secara formal (dibangun Perumnas, BTN, Real Estate, atau Developer).
Informasi rumah sehat pada modul ini disampaikan untuk tujuan dapat memberi inspirasi dan pedoman kepada masyarakat luas, tentang persyaratanmembangun rumah sederhana yang sehat secara swadaya. Pada modul ini sasaran Rumah sehat yang dimaksud adalah yang dibangun 1-2 lantai.Semoga dengan menggunakan modul ini, masyarakat yang akan membangun rumah, mendasarkan perancangannya terhadap aspek kesehatan, keselamatan, kenyamanan, dan kemudahan seperti yang diinformasikan modul ini.

Download (PDF, Unknown)

Leave a Reply