OVERPASS PELANGI ANTAPANI

//
Comment0

Overpass Antapani merupakan proyek percontohan dengan teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP) yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia. Struktur baja yang digunakan di jembatan tersebut berbentuk Corrugated / bergelombang  dengan tiga jumlah bentang. Teknologi ini merupakan pengembangan teknologi timbunan ringan mortar busa dengan struktur baja bergelombang. Yang diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, M. Jusuf Kalla, Selasa 24 Januari 2017. dihadiri pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hadi Muljono dan jajarannya, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar, dan Wali kota Bandung Ridwan Kamil.

Overpass Pelangi Antapani nama resmi jembatan yang baru dibangun di Jalan Jakarta, Kota Bandung, nama tersebut dikukuhkan langsung dan dipilih  karena overpass tersebut bercorak abstrak berwarna-warni hasil karya seniman lulusan Institut Teknologi Bandung, John Martono. Jembatan tersebut memiliki beberapa keistimewaan lainnya, selain karena warnanya yang cantik, jembatan tersebut adalah hasil karya Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan menggunakan teknologi terbaru,  inovasi – inovasi di dalamnya akan mengubah wajah infrastruktur Indonesia

Pembangunan proyek ini merupakan hasil kerja sama antara Pusjatan Kementerian PUPR, Pemerintah Kota Bandung, dan Pemerintah Korea dalam bentuk komponen material. Setelah suksesnya pembangunan jembatan pertama ini, Kementerian PUPR berencana untuk membangun satu jembatan lagi di Kota Bandung. Namun letaknya masih belum dipastikan, akan tetapi rencananya dipersimpangan kereta api.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply