Partisipasi Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan Pada Diseminasi/Bimbingan Teknis Teknologi Balitbang PUPR Tahun 2018

//
Comment0

Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan mewakili Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman (Puskim) berpartisipasi dalam Diseminasi/Bimbingan Teknis Teknologi Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kegiatan diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 5 September 2018 bertempat di Hotel Grand Mercure Kota Medan. Acara yang diselenggarakan oleh Balitbang ini memperkenalkan beragam teknologi hasil litbang, baik dari Puslitbang Perumahan dan Permukiman, Puslitbang Jalan dan Jembatan, Puslitbang Sumber Daya Air, serta Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi. Peserta yang hadir pada acara ini diantaranya pemerintah provinsi, daerah dan kabupaten/kota yang berada di Sumatera.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Balitbang PUPR Herry Vaza. Kegiatan dibagi menjadi dua sesi diseminasi. Pada sesi pertama, setiap Puslitbang mempresentasikan teknologi hasil litbang dari masing-masing bidang. Puskim diwakili oleh Rachmat Pramudji dari Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan membawakan presentasi mengenai teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA). Materi RISHA yang dipaparkan mulai dari konsep teoritis, spesifikasi teknis, cara pembuatan, hingga hasil-hasil penerapan RISHA pada beragam jenis bangunan.

Sedangkan pada sesi kedua yaitu sesi panel yang dibagi berdasarkan bidang. Terdapat dua peneliti dari Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan yang mempresentasikan hasil kegiatan Litbang di Balai, yaitu Asnah Rumiawati memaparkan mengenai Penerapan Model Air Limbah pada Permukiman Tepi Danau di Sumatera, dan Tani Frisda memaparkan mengenai Inovasi Kulit Kayu Laminasi pada Rumah Suku Talang Mamak di Provinsi Riau.

Seiring dengan pelaksanaan diseminasi di dalam ruangan seminar, Puskim pun menghadirkan hasil litbang di booth pameran yang berada diluar ruangan seminar. Di booth tersebut teknologi yang diperkenalkan antara lain4 teknologi rumah tahan gempa dengan menggunakan sistem panel RISHA, pemanfaatan material vulkanik Gunung Sinabung sebagai bahan bangunan berupa conblock, paving block, dan bata ringan serta panel papan mengunakan kulit pohon.

Sebagai lanjutan dari acara diseminasi, pada hari Kamis tanggal 6 September 2018 dilaksanakan kunjungan lapangan ke lokasi Hunian Sementara (Huntara) yang dibangun dengan menggunakan teknologi RISHA. Berlokasi di Huntara 2 di Ndokum Siroga, Kec. Simpang Empat, Kabupaten Karo. Dalam kunjungan lapangan tersebut peserta diterima langsung oleh Kepala Desa Huntara 2 Firman Surbakti. Para peserta diberikan penjelasan umum terkait pembangunan Huntara oleh Kepala Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan Agus Sarwono. Para peserta berkeliling di komplek Huntara 2 didampingi serta dijelaskan secara detail pembangunan rumah Huntara yang menggunakan teknologi RISHA oleh Kepala Seksi Layanan Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan. (Bram/Putri)

Leave a Reply