Pelatihan Pembuatan Panel RISHA, Conblock dan Paving Block di UPT Balai Latihan Kerja Tarutung, Tapanuli Utara

//
Comment0

Pelatihan Pembuatan Panel RISHA, Conblock dan Paving block oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Ditjen Bina Konstruksi bekerjasama dengan Pusat Litbang Perumahan Permukiman bertempat di UPT Balai Latihan Kerja Tarutung, Jl. Raya Balige Km. 11 Tarutung, Tapanuli Utara – Sumatera Utara. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 28 November sampai dengan 1 Desember 2016 dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari Dinas PU Kab. Tapanuli Utara, Balai Latihan Kerja (BLK) Kab. Tapanuli Utara, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Tapanuli Utara, Tenaga Tukang, Pendamping Desa dan Calon Aplikator Risha dari kota Medan.

Pelatihan ini dilaksanakan selama empat hari dengan pembagian satu hari materi di kelas dan sisanya berupa praktek lapangan dilanjutkan dengan uji kompetensi sehingga mereka mendapatkan sertifikasi. Kegiatan diawali dengan Laporan penyelenggaraan oleh Hamdani selaku wakil  Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan oleh  Kepala Dinas PU Kab. Tapanuli Utara, Anggiat Rajagukguk dan pengalungan tanda peserta sebagai awal dimulainya pelatihan.

Narasumber Pelatihan ini adalah Rachmat Pramuji dan Dany Cahyadi dari Balai IMG-20161129-WA0016Litbang Perumahan Wilayah I Medan serta Edinur dari Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Materi yang diberikan selama pelatihan merupakan materi terkait teknologi Sistem RISHA, Teknologi Beton, Baja Tulangan dan Spesifikasi Teknis Panel Struktur Tipe RISHA, Simpul, dan Panel Masif, serta pengenalan teknologi Conblock, Paving Block, alat cetak, lalu dilanjutkan dengan praktek lapangan.

Pelaksanaan pelatihan ini diharapkan para peserta pelatihan setelah selesai menempuh pelatihan dengan materi tersebut, peserta menjadi kompeten untuk Menerapkan Teknologi Rumah  Dengan Pelaksanaan Sistem RISHA. (Agus Sarwono/Putri Maharani)

 

Leave a Reply