Pelatihan & Penerapan Teknologi RISHA Di Papua Barat

//
Comments2

Teknologi RISHA di Papua Barat Puskim Kementrian PUPRRumah merupakan salah satu kebutuhan pokok di dalam kehidupan manusia, tak terkecuali di Provinsi Papua Barat. Data menyebutkan bahwa kebutuhan perumahan di Provinsi Papua Barat terus meningkat. Penyediaan perumahan melalui program Rumah Sehat Sederhana/Rumah Sehat sejak tahun 2002 yang diselenggarakan oleh pemerintah pun belum dapat memenuhi kebutuhan perumahan. Oleh karena itu, Dinas Perumahan Provinsi Papua Barat bekerja sama dengan Balai Pembinaan Konstruksi Wilayah VII Kementerian PUPR menyelenggarakan Pelatihan dan Penerapan Teknologi RISHA di Manokwari Provinsi Papua Barat.

Kegiatan Pelatihan & Penerapan dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 20 Mei 2016  di Hotel Aston Niu Manokwari dibuka oleh Asisten III mewakili Gubernur Papua Barat, Abraham O Ataruri dan dihadiri oleh Kepala Dinas Perumahan Provinsi Papua Barat, Pengurus Daerah REI, LPJK, perwakilan Balai Wilayah VII, para pengembang dan LSM. “Target peserta pada pelatihan ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari utusan SKPD kabupaten/kota dan provinsi, perwakilan developer, LSM dan perwakilan masyarakat,” tutur Iryanto Sirait, Ketua Panitia Kegiatan Pelatihan & Penerapan Teknologi RISHA. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) kepada stakeholder pemerintah dan masyarakat jasa konstruksi guna mendukung program satu juta rumah murah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Para peserta dilatih seputar penerapan RISHA yang lebih murah, cepat, dan ramah lingkungan sebagai perbandingan dengan teknologi konvensional,” tambahnya.

Teknologi RISHA di Papua Barat Puskim Kementerian PUPRKepala Balai Perumahan dan Lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan  Perumahan dan Lingkungan, Johny Fajar Sofyan Subrata beserta instruktur lainnya,  memberikan materi pelatihan mengenai pengenalan RISHA, perhitungan RAB RISHA, hingga Praktek Penulangan, Pengecoran, dan Perakitan. Selain itu didukung pula instruktur dari Balai Pembinaan Konstruksi Wilayah VII Kementerian PUPR.

Pelatihan ini diharapkan dapat merangkul penyedia jasa pembangunan perumahan dengan sistem RISHA. Para peserta pun mendapatkan perbandingan antara teknologi RISHA dan konvensional, sehingga akan memperkaya pilihan dalam pembangunan perumahan. Di akhir sambutan Gubernur Papua Barat yang diwakili oleh Asisten III, mengungkapkan bahwa setiap peserta harus bersungguh – sungguh supaya ilmu yang dipelajari dapat diterapkan dengan baik di setiap kabupaten/kota.

2 Responses

Leave a Reply