PELATIHAN SDM KONSTRUKSI RISHA UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

//
Comment1

Bandung.  Seiring dengan meningkatnya kebutuhan perumahan khususnya di perkotaan dan rumah layak huni yang murah,  ramah lingkungan,  cepat, tahan gempa,  lebih ringan, serta terjangkau oleh masyarakat menengah kebawah,  Pusat Litbang Permukiman Badan Litbang PU bekerjasama dengan Yayasan Coop. yang bergerak dibidang pemberdayaan masyarakat khususnya permukiman, menyelenggarakan Diseminasi dan Sosialisasi Teknik bidang Permukiman dalam rangka meningkatkan SDM Konstruksi RISHA untuk pemberdayaan masyarakat, yang diselenggarakan tanggal 29 Januari 2015 sampai dengan 30 Januari 2015.

Acara ini didahului dengan laporan penyelenggara oleh Kepala Balai Lingkungan Perumahan Pusat Litbang Permukiman Prof. (R) Dr. Ir. Arif Sabarudin, CES, kemudian sambutan Kepala Pusat Litbang Permukiman  Prof. (R) Dr. Ir. Anita Firmanti, MT. sekaligus membuka acara ini.

Pada hari pertama materi yang disampaikan dalam acara ini adalah ;

  • Pengenalan RISHA
  • Mutu Beton
  • Perakitan RISHA

Kemudian pada hari  ke dua dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ( kerja praktek ) ke aplikator RISHA di Desa Cimanggung Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Risha itu sendiri mempunyai konsep bahwa seluruh komponen dapat di bongkar-pasang / knock down system, analogi dengan permainan anak-anak lego atau tamiya. Keuntungan dari RISHA adalah sebagai berikut :

  1. Pembangunan Bertahap
  2. Dapat dikembangkan pada arah horizontal dan vertikal (2 lantai)
  3. Dapat dibongkar pasang
  4. Komponen ringan (maksimum 50 kg)
  5. Pemasangan hanya 1 hari (bilamana kondisi SDM dan lapangan seperti disyaratkan)
  6. Komponen dapat diproduksi secara home industry dalam upaya pengembangan UKM
  7. Fleksibilitas desain tinggi, tergantung kreatifitas arsiteknya
  8. Dapat mengakomodasi potensi lokal (budaya maupun bahan bangunan)

RISHA merupakan Rumah layak huni dan terjangkau dapat dibangun secara bertahap berdasarkan modul, dengan waktu yang diperlukan dalam proses pembangunan setiap modul 24 jam oleh tiga pekerja. Karena ukuran komponen mengacu pada ukuran modular maka komponennya memiiki sifat fleksibel dan efisien dalam konsumsi bahan bangunan.

DSC_0062

 

DSC_0056 DSC_0051

1 Response

  1. Dear puskim pu..
    Saya sebagai cucu veteran perang RI pendiri àngkatan laut cirebon sangat mendukung program pemerintah risha untuk kesejahteraan masyarakat..
    Berharap bisa menjadi aplikator untuk wilayah 3 cirebon..
    Terima kasih..
    Salam..

Leave a Reply