Pemerintah Bakal Bangun Rumah ‘Instan’ Tahan Gempa di Palu

//
Comment0

Cnnindonesia.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun rumah instan sederhana sehat atau RISHA yang mampu menahan gempa di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR Hadi Sucahhyono menjelaskan RISHA merupakan bangunan hasil rekayasa teknologi yang saat ini sedang disosialisasikan dan dibangun secara masal di Lombok.

“Di Lombok, kami sudah menerjunkan sekira 400 insinyur muda, yang mendampingi masyarakat untuk membangun ‘risha’ secara bersama-sama,” ujar Hadi, seperti dikutip dari Antara, Senin (22/10).

Gempa berkekuatan 7,4 skala richter yang melanda Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Donggala pada Jum’at (28/9) lalu menelan ribuan korban dan menghancurkan rumah warga.

Menurut Hadi, ada dua hal yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa saat bencana terjadi yakni lokasi permukiman warga dan struktur bangunan. Untuk lokasi permukiman, kata dia, pemerintah pusat sebenarnya telah menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menghindari lokasi-lokasi yang rawan bencana.

“Katakanlah kemiringan lahannya yang rawan longsor dan banjir, atau tepi pantai yang rawan tsunami,” jelas dia.

Hal pertama yang harus dipastikan, menurut dia, adalah masyarakat telah paham bahwa mereka berada di lokasi yang aman atau tidak dari bencana.

“Kalau memang tidak aman dan sudah ada peraturan, misalnya harus 100 meter dari sempadan pantai, masyarakat harus mengikuti agar lebih aman,” kata Hadi. Baca selengkapnya disini

Leave a Reply