PEMOTONGAN HEWAN QURBAN BKDI PUSAT LITBANG PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN

//
Comment0

Pengurus BKDI Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman melakukan pemotongan hewan qurban pada hari Senin, 12 September 2016 bertempat di kantor Pusat Litbang Perumahan dan Permukman Jl. Payaungan Cileunyi Wetan Kabupaten Bandung.  Beberapa catatan penting dalam pelaksanaan pengelolaan qurban di masyarakat. Mudah-mudahan beberapa catatan ini dapat memberikan penyempurnaan bekal bagi panitia qurban.

DSC_0239

Kesuksesan pengurus dalam pemotongan hewan qurban bukan semata banyaknya hewan qurban yang terkumpul untuk di potong, akan tetapi ;

  • Mampu mengedukasi masyarakat tentang kedudukan qurban dari segi agama dan sosial. masyarakat menjadi paham secara utuh apa dan bagaimana ibadah qurban itu. .
  • Panitia / pengurus qurban dapat melaksanakan pengadaan hewan qurban dan penyembelihan secara benar dan efektif efisien.
  • Sukses jika distribusi daging qurban sesuai dengan target sasaran yang prioritas membutuhkan. Jadi bukan azas pemerataan yang didahulukan.
  • Sukses menjaga kepercayaan dari mudhohi (pequrban).

Penjelasan tersebut itulah yang seharusnya menjadi target pencapaian panitia qurban. Jadi bukan berlomba-lomba antar masjid / musholla untuk mendapatkan hewan qurban sebanyak-banyaknya.

DSC_0246

Sebaiknya pengurus / pantia tidak beranggapan bahwa ketika hewan qurban telah disembelih dan dan dibagikan dagingnya, selesai tugas sebagai panitia. Pada hal  kegiatan yang dilakukan itu sebaiknya dibuat pertanggungjawabannya kepada masing-masing pequrban. Biasanya bentuk pertanggungjawaban qurban berupa foto dokumentasi (hewan hidup, saat disembelih dan distribusi kepada penerima manfaat) dan berita acara pelaksanaan qurban.

Yang banyak terjadi adalah pengurus / panitia qurban tidak menyiapkan hal-hal tersebut dan cukup sekedar memberikan pengumuman serta ucapan terimakasih melalui masjid/ mushalla. Meskipun tampak sederhana, namun hal-hal tersebut sebaiknya dipersiapkan dalam era keterbukaan, ini merupakan bagian dari azas profesionalisme dan akuntabilitas sebagai pihak yang diberi amanah.

DSC_0257

 

Leave a Reply