Penerapan Kawasan dan Hunian Rendah Energi di Ciparay Bandung

//
Comment0

Melalui Balai Litbang Sains Bangunan, Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman akan membangun rumah contoh di daerah Ciparay Kabupaten Bandung. Rumah tersebut menerapkan konsep hunian dan kawasan rendah energi. Pembangunan direncanakan dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Sebanyak 14 unit rumah akan dibangun di area seluas 8130 m2. Didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Konsep rumah dirancang sehemat mungkin dalam menggunakan energi (listrik, air dan gas) di kawasan tersebut. Tiga dari 14 unit rumah contoh akan menggunakan model bangunan; yang memiliki kinerja optimum berdasarkan pemanfaatan energi dan biaya dari hasil studi dengan metode simulasi. Rumah tersebut pada tahap riset berikutnya akan dihuni oleh dua tipe penghuni, dibawah empat orang dan diatas empat orang.

Pengamatan dan Pengukuran akan dilakukan terhadap 14 unit. Terkait dengan perilaku bangunan rumah terhadap temperatur ruang, kelembapan dan parameter lain yang secara tidak langsung mempengaruhi penggunaan energi. Setiap rumah yang dibangun berfungsi sebagai laboratorium energi, sehingga berbagai instrumen akan dipasang untuk mengukur dan mencatat data yang diperoleh.

Diharapkan hasil akhir dari penelitian dapat diperoleh desain rumah sederhana yang hemat energi. (Fetty Indri / Putri Maharani)

Leave a Reply