Penerapan Teknologi IPA Air Gambut di Desa Bunga Tanjung Jambi

//
Comments2

Teknologi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Gambut Payau telah diterapkan di Desa Bunga Tanjung Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi pada hari Selasa tanggal 20 Desember 2016. Penerapan ini terlaksana atas kerjasama Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, PDAM Tirta Pangabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan Desa Bunga Tanjung. Prosesi Penerapan Teknologi IPA dipimpin oleh Kepala Balai Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (AMPLP), Tibin R Prayudi.

IPA Gambut yang diterapkan di Desa Bunga Tanjung merupakan Tipe IPA 2016. Tipe ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan Tipe 2015. Perbaikan meliputi koagulator hingga tangki flokulator bertekanan. Selain itu Tipe 2016 dikhususkan untuk IPA Gambut/Gambut Payau non mobile yang tidak mengalami kendala lahan.

Desa Bunga Tanjung dipilih sebagai tempat Picture1penerapan teknologi dikarenakan air bahan baku yang selalu tersedia namun tidak layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman bekerjasama dengan PDAM Tirta Pangabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat memilih menerapkan teknologi IPA di Desa Bunga Tanjung.

Selanjutnya diharapkan dengan adanya penerapan teknologi ini dapat membantu masyarakat Desa Bunga Tanjung untuk mendapatkan air bersih setiap saat.

2 Responses

Leave a Reply