Pengawasan & Pembinaan Kearsipan di Loka Teknologi Permukiman Medan

//
Comment0

Pengawasan & Pembinaan Kearsipan di Loka Teknologi Permukiman Medan

Dalam upaya peningkatan mutu penyelenggaraan kearsipan menuju tertib tata laksana persuratan dan kearsipan di lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman, Tim Pelaksana Pengelola Penataan Kearsipan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman melakukan kegiatan pengawasan, pembinaan, dan survei lapangan kearsipan untuk meninjau secara langsung kondisi penyelenggaraan kegiatan kearsipan di Loka Teknologi Permukiman Medan pada tanggal 12-13 Mei 2016.

Hal ini sesuai dengan amanat Undang Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 28 tahun 2012 tentang Pelaksanaan UndangUndang No, 43 tahun 2009, serta Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Nomor 38 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengawasan Kearsipan, bahwa Pengelolaan Arsip Dinamis (Arsip Aktif dan Arsip Inaktif) menjadi tanggung jawab Pencipta Arsip serta pengawasan kearsipan sebagai proses kegiatan dalam menilai kesesuaian antara prinsip, kaidah dan standar kearsipan dengan penyelenggaraan kearsipan, dalam hal ini adalah Bidang/Bagian/Balai/Loka di lingkungan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki mekanisme dan prosedur kerja kearsipan sehingga akan menyeragamkan dan memudahkan dalam menata arsip”, ujar Achmad Hidayat, salah satu Arsiparis dalam Tim Pelaksana Pengelolaan Penataan Kearsipan. Ditambahkan pula bahwa pelaksanaan kegiatan ini sebagai wujud peningkatan mutu pelayanan menuju tertib administrasi yang berdaya guna dan berhasil guna dengan memberikan pemahaman seputar penataan kearsipan kepada para pegawai di Loka Teknologi Permukiman Medan. Beberapa materi yang diberikan meliputi: penataan asas, kewenangan, dan pengorganisasian kearsipan serta pengurusan naskah dinas, penataan arsip, pemeliharaan, dan penyusutan arsip.

Tim Pelaksana Pengelola Penataan Kearsipan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman yang terdiri dari Achmad Hidayat, Siti Sadiah, dan Risyana Mauliyani akan mendatangi unit-unit kegiatan (Bidang/Bagian/Balai/Loka) secara langsung di lingkungan Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman untuk melakukan pembinaan kearsipan terkait menata berkas tata laksana persuratan dan kearsipan kedalam susunan yang sistematik serta logis dengan menggunakan klasifikasi yang ada.

Leave a Reply