Pengolah Air Permukaan kandungan Kekeruhan Tinggi dengan Filter Ijuk

//
Comment0

Prasedimentasi sebagai salah satu teknik untuk menurunkan kekeruhan air baku sebagai pengolahan pendahuluan yang selama ini diterapkan dianggap kurang efisien karena membutuhkan lahan relative luas, dan efisiensinya dianggap kurang memuaskan karena diduga adanya ketidaksesuaian antara beban kekeruhan air baku dengan kriteria desain yang berlaku. Kekeruhan air baku yang sangat tinggi dampak bagi operasi dan pemeliharaan instalasi pengolahan air minum terhadap kualitas olahan dan biaya operasi. Pengalaman ini memberikan ide bahwa sebaiknya dalam pengolahn air dengan kekeruhan yang tinggi harus didahului dengan proses penurunan kekeruhan secara fisika.
Kriteria penerapan :
Filter dengan ijuk yang dilililtkan dengan bervariasi lapisan mulai dari 2 s.d 5 dan dengan sabut kelapa juga dengan beberapa lapis lilitan
Data kualitas :
Penurunan kekeruhan dengan saringan lapisan ijuk ( 3 s.d 5 lapis) untuk kekeruhan yang dibawah 200 NTU tidak efektif efisiensi masih 6 %, sedangkan kekeruhan diatas 200 NTU s.d 400 NTU sudah lebih efektif dengan efisiensi bisa mencapai 22 %.
Efisiensi yang terjadi belum tercapai diatas 40 % karena kekeruhan air baku masih dibawah 600 NTU.

filter ijuk 1 filter ijuk 2 filter ijuk 3 filter ijuk 4

Leave a Reply