Pengukuran aliran air dalam saluran tertutup untuk meter air minum – bagian 3: metode dan peralatan pengujian meter air minum (ISO 4064-3 : 2005, MOD)

//
Comment0
SNI:
SNI 2418.3-2009

Bagian ketiga dari SNI ini memuat metode pengujian dan hal-hal yang harus dilakukan dalam menentukan karakteristik utama dari meteran air sesuai dengan SNI 2547-2008, Bagian 1: Spesifikasi meter air minum.

Standar ini dipergunakan untuk menguji meter air minum, meter air kosentrik dan meter air kombinasi yang dapat tahan pada tekanan kerja maksimum yang diijinkan (MAP) sampai sekurang-kurangnya 1 MPa (10 bar) atau 0,6 MPa (6 bar) untuk meter air ? DN 500 mm, dan tahan sampai pada temperatur maksimum yang dijinkan (MAT) 50º C.

Standar ini juga dapat dipakai untuk menguji meteran air yang prinsip kerjanya berdasarkan sistem elektronik atau listrik, dan meter air yang bekerja berdasarkan prinsip mekanik yang dilengkapi peralatan-peralatan listrik, yang digunakan untuk mengukur debit aktual air minum.

Untuk meter-meter air yang mempunyai debit persamaan kurang dari 160 m3/jam, agar bisa memenuhi keterbatasan yang dimiliki suatu laboratorium uji, ketentuan pengujian bisa dilakukan perubahan untuk memodifikasi kondisi referensi pada saat pengujian daya tahan dan unjuk kerjanya.

Leave a Reply