Penyelenggaraan 25th Meeting of ISO/TC 165 Timber Structures

//
Comment0

Bali – Pusat Litbang Permukiman bekerjasama dengan Badan Standarisasi Nasional menyelenggarakan Pertemuan Struktur Kayu ISO/TS 165 yang ke 25 dari tanggal 19 – 23 September 2011 bertempat di Denpasar – Bali dengan dihadiri oleh 23 Negara.

Acara pada hari pertama yang merupakan pembukaan secara resmi diawali dengan penyampaian laporan oleh DR. Ir. Anita Firmanti, MT selaku ketua panitia pelaksana. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Erol Karacabeyli serta sambutan oleh Sekretaris Badan Standarisasi Nasional, Drs. Yoes Usman Soehendar, M.M. Kemudian acara dibuka oleh Kepala Badan Litbang Pekerjaan Umum, Ir. Mohamad Hasan, Dipl.HE.

Ir. Mohamad Hasan, Dipl.HE menyampaikan bahwa fenomena globalisasi memiliki dampak yang spesifik untuk pemenuhan infrastruktur perumahan, seperti pertumbuhan yang cepat dari kebutuhan perumahan dengan pembangunan sporadis tanpa merujuk pada standar tertentu. Pemerintah Indonesia mendukung penuh upaya unifikasi dari rumah dan standar konstruksi bangunan, terutama untuk struktur kayu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu, kegiatan standardisasi pada pengembangan standar internasional mengenai pemanfaatan kayu di perumahan dan struktur bangunan menjadi permintaan yang besar.

Acara dilanjutkan dengan rapat ISO mengenai struktur kayu yang berlangsung pada tanggal 19 – 20 September 2011 dan 22 – 23 September 2011, pada tanggal 21 September 2011 diadakan field trip ke beberapa tempat di Bali, diantaranya Bale – Bale Carpenter yang merupakan industri pembuatan gazebo serta rumah – rumah dari kayu, Desa Adat Penglipuran, desa ini merupakan salah satu pedesaan di Bali dimana terdapat rumah tradisional Bali yang semua arsitekturnya terbuat dari kayu, serta Green School berupa sekolah dari bambu.

Leave a Reply