PERANAN INKUBASI DALAM PEMANFAATAN HASIL LITBANG PERMUKIMAN

//
Comment0

Inkubasi diibaratkan bayi yang baru lahir dan   membutuhkan perawatan dan perlakukan khusus agar tetap hidup (survival). Hal tersebut mirip dengan produk hasil riset dalam proses inkubasi yang membutuhkan teknik perawatan-perawatan dengan sistem dan metode yang khusus agar dapat berfungsi dengan baik dan menjamin teraplikasikannya di masyarakat secara berkelanjutan (sustainable). Melalui Inkubasi, hasil Litbang diharapkan dapat lebih dikembangkan dan ditularkan kepada masyarakat, kemudian dapat memfasilitasi pendirian usaha serta mempersiapkan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan dan meningkatkan kerjasama serta penciptaan sinergi dari jejaring pengembangan kewirausahaan, semua ini adalah dalam rangka memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

DSC_0315

Diskusi ini bertujuan dalam rangka mencari masukan tentang inkubasi teknologi hasil Litbang bidang Perumahan dan Permukiman, adapun beberapa pokok penting hasil diskusi ini antara lain pentingnya suatu lembaga inkubasi yang secara fokus memfasilitasi kegiatan inkubasi tersebut. Lembaga inkubasi  ini berfungsi sebagai mediasi hasil riset dan penerapan di lapangan atau yang menghasilkan suatu  usaha mula /start up berbasis hasil riset. Dalam kegiatan inkubasi juga perlu diperhatikan skema HAKI bagi inventor. Selain hal tersebut, yang tak kalah pentingnya adalah  penekanan mindset technopreneurship (kewirausaahan berbasis teknologi)  bagi peneliti terutama berkaitan dengan kemampuan berinovasi dan jeli melihat pasar. Selanjutnya dalam rangka inkubasi tersebut penerapan tool TRL ( technology Readiness Level) dapat digunakan untuk memetakan teknologi, sedangkan IRL (Inovation Readiness Level) dapat memetakan skala komersialisasi hasil riset.

DSC_0314

Acara dilaksanakan pada hari Selasa, 8 September 2015 bertempat di Grha Wiksa Praniti Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Jl. Turangga Bandung dan dibuka oleh Kabid Progsis Drs. Aris Prihandono, M. Sc mewakili Kapusperkim, adapun pembicara terdiri dari nara sumber Inkubator Teknologi BPPT, yaitu DR. Anugerah Widiyanto, sebagai Kepala Balai  Inkubasi Teknologi BPPT.  Nurul Taufik Rohman sebagai Kepala Pusat Inovasi LIPI, Prof. DR. Suhono Harso Supangkat sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB,   Dr. Bambang S Pujantiyo – Peneliti Madya Manajemen  Inovasi BPPT,  dan Penerapan TRL  (dalam produk Litbang Perumahan dan Permukiman) DR. Asep Husni  sebagai Peneliti Madya Kebijakan Industri BPPT.

DSC_0319

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply