Peresmian Pengoperasian Laboratorium Bahan Bangunan, Balai Pengembangan Teknologi Perumahan Tradisional – Denpasar

//
Comment0

Senin 6 April 2015, Plt. Kepala Balitbang, Kementerian PUPR, Ir. Waskito Pandu, MSc, melakukan peresmian beroperasinya Laboratorium Bahan Bangun, di Jalan Angantaka Kutri, Desa Angantaka, Kecamatan Adian Semal, Kabupaten Badung. Laboratorium yang mulai dibangun sejak tahun 2013 ini merupakan bagian dari sarana Balai Pengembangan Teknologi Perumahan Tradisional – Denpasar (BPTPT – Denpasar), Pusat Litbang Permukiman, Badan Litbang, Kementerian PUPR. Bangunan berlantai tiga yang dilengkapi peralatan pengujian dan perekayasaan bahan bangunan alternatif, termasuk kayu dan bambu, difungsikan untuk menunjang kegiatan penelitian dan pengembangan di lingkungan BPTPT – Denpasar, khususnya bangunan rumah tradisional dan rumah sederhana berbasis bahan bangunan lokal, untuk wilayah kerja Bali, NTB, NTT dan Kalimantan. Laboratorium yang berlokasi di Jln Angantaka Kutri, Kabupaten Badung ini.

 Dalam acara peresmian beroperasinya Laboratotium sekaligus juga dilakukan serah terima pemanfaatan prototipe Rumah Sistem Panel Instan (Ruspin) dan peralatan produksinya dari Kepala Satker Pusat Litbang Permukiman Bandung, Prof. (R) DR. Ir. Anita Firmanti, MT, kepada Kepala Zidam IX Udayana, Letkol. Czi Wakhyono, S. Sos, atas nama Pangdan IX Udayana.

 Beroperasinya laboratorium mendapatkan sambutan baik dari Dinas PU Provinsi Bali, Universitas Udayana, para pelaku UKM aplikator teknologi hasil litbang dan masyarakat setempat yang disampaikan dalam acara peresmian tersebut dengan harapan kehadiran Laboratorium Bahan Bangunan dapat menunjang peningkatan kualitas infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi inovatif serta pengembangan usaha berbasis teknologi hasil litbang oleh masyarakat, khususnya UKM.

 

photo peresmian denpasar gabung

 

 

IMG_07372

 

 

IMG_0760

 

 

Galeri Foto

Leave a Reply